Ads 720 x 90

Tahap Perkembangan Anak Usia 3 Tahun


Di usia 3 tahun perkembangan anak, secara fisik bisa dibilang tetap pesat. Rata-rata pertambahan tinggi badannya bisa mencapai antara 5 sampai 7,6 cm. Pertambahan berat badannya antara 1,4 sampai 2,3 kg selama setahun. Di usia ini perkembangan motorik yang halus juga mulai terlihat signifikan. Anak sudah mulai punya tangan yang dominan, dia juga mampu membalik buku. Bahkan juga sudah mulai mampu menangkap dan melempar bola yang besar. Selain itu sang anak juga sudah mampu makan sendiri tanpa bantuan, itupun kalau diperbolehkan oleh orangtuanya loh ya.

Namun tidak semuanya seperti yang saya utarakan di atas, karena ada juga anak-anak yang belum bisa. Akan tetapi juga bukan karena dia tidak bisa, tapi karena tidak mendapatkan latihan dan kesempatannya. Nah untuk itulah pastikan kita memberikan kesempatan yang cukup untuk anak dalam meng explor tumbuh kembang anak, termasuk juga untuk bercerita. Pada tulisan sebelumnya saya sudah pernah mengulas tentang Belajar Mengenalkan Manfaat Kerjasama Buat Anak.

Di usia ini anak sudah bisa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan ritunitasnya seperti sehabis main mau ngapain dek? Dia juga sudah bisa menggunakan kata yang menjelaskan waktu, seperti hari ini dan kemarin. Di usia ini pula, anak-anak kemudian senang sekali memperhatikan orang tua dewasa yang lain. Tetapi juga ingin di perhatikan oleh orang-orang dewasa yang ada di sekitarnya dan tidak malu-malu untuk meminta orang lain memperhatikan dirinya.

Anak usia 3 tahun sudah sangat menyenangkan untuk di ajak melakukan berbagai aktivitas bersama-sama. Aktivitas literasi bisa menjadi kunci untuk banyak tahap perkembangan, akan tetapi bukan sekedar dibacakan. Anak diminta untuk menceritakan kembali dan mengambil kesimpulan yang berkaitan dengan rutinitasnya sehari-hari.

Contohny adalah, mengenai apa ya hubungannya yang dibaca di buku dengan apa yang baru aku alami hari ini. Anak di usia 3 tahun senang sekali bercerita. Akan tetapi hati-hati bisa-bisa orang tuanya justru menghambat ceritanya yang beragam pada saat kita menertawakan atau berkomentar misalnya "ah itu tidak masuk akal".

Kepercayaan diri anak untuk terus mengekspresikan diri akan tumbuh pada saat lingkungan yang ada dirumahnya terus mendukung dirinya. Di usia ini anak juga akan punya kemampuan untuk mencoba mempelajari banyak hal baru. Misalnya mengenalkan warna-warna, mengenal bentuk.

Mengenal banyak informasi yang ada, baik berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan lain segabainya semuanya bisa dilakukan mulai dari usia sejak dini. Di 3 tahun ini yang sangat penting dilakukan orangtua yang mendukung adalah terus memperkuat rutinitas. Pastikan jadwal rutinitas anak itu teratur, apa yang harus anak lakukan sebelum tidur, sikat gigi, mengganti baju, mencuci kaki semuanya dilakukan dengan jadwal yang sama dan berulang-ulang. Rutinitas yang dilaksanakan dengan baik akan menjadi dasar dari disiplin diri yang akan penuh tantangan di masa-masa kehidupan dan tahap perkembangannya nanti   

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter