Ads 720 x 90

Belajar Mengenalkan Manfaat Kerjasama Buat Anak


Dalam hitungan minggu kedepan, sebentar lagi saya akan menjadi seorang Ayah. Alhamdulillah setelah kurang lebih 16 tahun lama nya menanti kedatangan buah hati, di tahun 2019 ini istri saya sedang mengandung 8 bulan usia kandungannya. Banyak hal yang harus saya pelajari untuk menjadi seorang Ayah, agar kelak nanti anak saya tidak tersesat di dalam pergaulan dan kelak juga memiliki adab atau sopan santun yang baik. Hari ini yang saya mau pelajari untuk anak saya adalah tentang penting nya manfaat kerja sama.

Kerja sama di dalam berbagai bidang mutlak sangat penting untuk di lakukan, budaya masyarakat kita sejak dulu sudah menerapkan prinsip kerja sama yang di tuangkan dalam semangat gotong royong. Kita harus mengajarkan sejak dini kepada anak kita untuk mengenalkan kerja sama, tentunya dengan bahasa yang mudah di mengerti oleh anak anak seusia mereka.

Kita bisa mencontohkan penerapan kerjasama dalam ruang lingkup terkecil lebih dahulu, misalnya saja kita sebagai suami mencontohkan kepada anak dengan membantu istri di dapur atau membantu istri membersihkan rumah. Atau bisa juga pada saat kita belanja atau istri berbelanja, kita libatkan anak untuk mengambilkan barang-barang yang diperlukan dan Sang Ibu yang mengumpulkan barang tersebut.

Sebisa mungkin dan senyaman mungkin tanpa ada unsur paksaan, usahakan anak menikmati apa yang kita rencanakan tadi yaitu mengajarkan kerjasama dalam ruang lingkup keluarga. Jika anak sudah terbiasa dalam melakukan bekerja sama di mulai dari lingkup keluarga, niscaya kelak nanti dalam lingkungan masyarakat juga akan mudah berbaur dan ikut andil bekerja sama dengan masyarakat.

Sebagai contoh untuk mengenalkan sikap bekerja sama dalam ruang lingkup masyarakat misalnya, ketika ada kerja bakti satu RT membersihkan got misal nya. Kita sebagai seorang Ayah ikut berpartisipasi dalam kegiatan bermasyarakat tersebut dengan membawa anak kita. Kita harus mencontohkan hal hal yang baik untuk anak kita agar harapannya nanti secara tidak langsung anak juga akan meniru apa yang sudah kita lakukan.

Manfaat Kerjasama


Dalam bekerja sama banyak sekali keuntungannya yang akan di dapatkan. Sebagai mahluk sosial, kita sebagai warga masyarakat tidak akan bisa hidup sendirian. Kita pasti membutuhkan pertolongan orang lain, dalam hal ini yang paling terdekat dengan kita adalah tetangga dan saudara. Untuk itu kita juga harus memahami ketika ada tetangga kita yang sedang ada kerepotan harus kita bantu juga supaya meringankan beban mereka.

Dengan bekerja sama manfaat lainnya adalah kita bisa saling akrab dan menambah kekuatan emosional antar sesama. Ikatan emosional disini maksudnya adalah kita akan merasa peduli dengan sesama dan mereka pun sebaliknya akan merasa peduli dan memiliki dengan diri kita.

Kerugian Kerjasama


Menurut saya tidak ada ruginya kerjasama, walaupun mungkin saja ada sebagian orang yang merasa di rugikan dengan adanya orang yang saling membantu dan bekerjasama. Tapi saya yakin dan sepakat kalau teman teman yang lagi membaca artikel ini juga setuju jika dalam hal kerja sama ini tidak ada kerugian sama sekali.

Akan tetapi yang nama nya manusia pasti ada saja yang merasa di rugikan. Sebagai contoh, dalam team work suatu usaha atau dalam satu kantor. Kita bekerja di dalam kantor atau suatu instansi yang mengharuskan untuk setiap karyawannya bekerja sama bersatu padu dalam suatu proyek. Namun ada salah satu karyawan yang kinerja nya lambat dan tidak sinkron dalam bekerja sama tentu akan menjadikan pekerjaan akan sedikit terhambat.

Ibaratnya kalau di analogikan, kerjasama itu seperti satu kesatuan kendaraan contoh nya mobil. Mobil memiliki 4 roda yang masing-masing berputar pada porosnya. Jika ada salah satu saja roda yang berhenti atau tidak sinkron entah itu ban nya kempes atau rusak maka bisa dipastikan laju mobil tersebut kurang nyaman untuk di kendarai.

Begitupun kerja sama, alangkah baiknya kita juga menjunjung tinggi nilai sebuah kerja sama dan kebersamaan. Kerja sama yang solid niscaya akan menghasilkan suatu kebersamaan yang luar biasa.

Demikian untuk celoteh Belajar Mengenalkan Manfaat Kerjasama Buat Anak di blog guntursapta.com pada kesempatan hari ini semoga bisa bermanfaat khususnya buat saya pribadi yang mana masih banyak belajar akan arti penting nya sebuah kerjasama. Terimakasih, saya Guntur Sapta Perkasa salam sukses selalu buat Anda semuanya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter