Monday, October 20, 2014

Cara Ganti Ban Luar Sepeda Fixie dan Pemasangannya

Cara Ganti Ban Luar Sepeda Fixie dan Pemasangannya - Hai sahabatku yang baik hatinya, pada postingan hari ini tanggal 20 Oktober 2014 yang bertepatan dengan dilantiknya Pak Joko Widodo alias Jokowi menjadi Presiden RI, akan berbagi tentang bagaimana cara mengganti ban luar dan dalam sepeda fixie.

Sepeda Fixie merupakan sebuah evolusi dari sepeda balap dengan ukuran 27. Dulu sepeda balap dengan ukuran 27 dengan model stir melengkung kebawah sangat digemari bagi para pecinta olahraga sepeda. Nah saking semakin banyaknya kalangan masyarakat yang suka dengan jenis sepeda balap seperti ini maka mulailah muncul ide-ide bagaimana menciptakan jenis sepeda baru yang ringan seperti sepeda balap namun tetap trendy dan stylish.

Terciptalah sepeda jenis fixie dengan frame atau rangka yang mirip dengan Sepeda Balap 27 namun mengalami perubahan pada beberapa bagian. Modifikasi sepeda fixie yang nampak yaitu pada model setir yang tadinya melengkung mirip tanduk sekarang berganti dengan model setir lurus atau setir kawa.

Gir Balap atau susun dihilangkan dan berganti dengan  gir model tunggal, bahkan ada yang memakai gir belakang model torpedo. Gir belakang model torpedo harus hati-hati menggunakannya karena jika tidak terbiasa anda akan terpelanting jatuh karena model torpedo ini jika kita gowes ke belakang akan berhenti atau mengerem.

Cara Ganti Ban Fixie

ban luar fixie Merek STC - SUPER HP
ban luar fixie Merek CST - SUPER HP
Pada beberapa sepeda fixie, dalam hal ini saya pakai Fixie merek United. Kecenderungan ban luarnya yang masih standar bawaan pabrik dan belum diganti biasanya sering mengalami ban dalam kempes dan ban luar sering pecah. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Penyebab dari sering terjadinya kendala pada ban luar dan dalam sepeda fixie ini karena ukuran standar fixie pabrikan hanya berukuran 23 C. Coba teman-teman perhatikan pada ban luar dan cari tulisan yang biasanya tertera disamping ban luar.

Ukuran Ban Luar Standar Fixie : 23 - 622 (700 X 23C )
Ukuran Ban Luar Upgrade Ukuran Sedang : 28 - 622 ( 700 X 28C )
Rekomendasi : Pilih yang Merek CST - SUPER HP

Saya sarankan jika ban sepeda fixie anda sering bocor dan meletus cobalah ganti ke ukuran yang agak sedang yaitu beli yang ukuran 28 - 622 ( 700 X 28C ). Jangan lupa untuk perhatikan mereknya, pilih ban luar dengan merek CST - SUPER HP.

Harga Ban Luar Fixie

Untuk merek CST - SUPER HP dengan ban luar Ukuran Sedang : 28 - 622 ( 700 X 28C ) harga baru sekitar Rp. 120.000 di daerah Indramayu dan sekitarnya. Kualitas dari merek STC ini lumayan kuat dari pada masih bawaan standar pabrikan. Kekuatan ban luar fixie STC mampu untuk melintas di jalan kerikil dan berbatu, namun sebaiknya dihindari agar kondisi ban awet dan tidak cepat rusak karena sepeda fixie ini memang tujuannya sepeda di dalam kota saja bukan jenis sepeda off road atau down hill.

Cara Pemasangan Ban Luar Fixie

Bagi anda yang masih belum berpengalaman, sebaiknya anda serahkan cara memasang ban luar fixie ini ke bengkel sepeda terdekat di kota anda. Masalahnya takut ban dalamnya bocor akibat terkena congkelan alat pembuka ban luar sepeda. Kan sayang kalau kita harus beli lagi yang baru. Tapi jika anda memang udah mahir, boleh kok coba sendiri memasang ban luar fixie ini.

Nah sahabatku semuanya, itu tadi sekilas tentang cara pasang ban luar fixie. Semoga bermanfaat ya dan tetap gowes terus agar kondisi kesehatan kita selalu terjaga. Terimakasih sahabat semua telah membaca artikel dengan judul Cara Ganti Ban Luar Sepeda Fixie dan Pemasangannya

Disqus Codes
  • To write a bold letter please use or
  • To write a italic letter please use or
  • To write a underline letter please use
  • To write a strikethrought letter please use
  • To write HTML code, please use or
    or

    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan Artikel Gratis