Masyarakat Timor Tengah Selatan NTT Minum Air Bekas Tapak Kaki Kuda

Masyarakat Timor Tengah Selatan NTT Minum Air Bekas Tapak Kaki Kuda - dikutip dari harian kompas.com ratusan warga desa Hoi kabupaten Timor Tengah Selatan meminum air yang berasal dari kubangan jejak kaki ternak akibat dari tidak adanya air bersih. Kondisi ini disebabkan karena musim kemarau dan kekeringan yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur.

Warga bercampur dengan hewan ternak menyambangi kubangan yang satu-satunya sumber air. Sebenarnya sumber air tersebut hanya untuk ternak, namun warga ikut menyerbu kubangan tersebut dan berebut dengan kuda, sapi dan kambing. Hasilnya banyak sekali bekas jejak hewan di kubangan itu dan dipakai juga oleh masyarakat buat dikonsumsi.

Penyebab kekeringan wilayah tersebut karena curah hujan tahun ini sangat sedikit sekali. Apalagi kebiasaan masyarakat yang membakar pohon guna menyiapkan musim tanam nanti menambah keringnya sumber mata air. Warga juga banyak mengeluhkan diare setelah mengkonsumsi air yang tidak layak ini. 

Kekeringan ini harus dicari solusinya yang terbaik, semoga pihak-pihak terkait segera membenahi agar kejadian ini tidak terulang di tahun-tahun berikutnya. Pemerintah Provinsi NTT juga pemerintah pusat harus ikut andil dalam menyelesaikan masalah kekeringan yang selalu berulang tiap tahunnya. Semoga saja tulisan ini bisa dibaca oleh pemerintah yang terkait dengan masalah ini. Terimakasih.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel