Dari Memecahkan Masalah Sosial, Startup Indonesia Ini jadi Unicorn

Saat ini banyak permasalahan yang ada di masyarakat dapat dipecahkan dan diurai dengan teknologi. Kegelisahan yang terjadi di masyarakat dapat di bereskan dengan pemanfaatan teknologi. Pengembangan teknologi inilah yang kemudian kita kenal dengan sebutan Startup. Perkembangan Startup Indonesia sendiri sangat cepat bahkan banyak yang sudah naik level menjadi perusahaan unicorn.

Membuat perusahaan startup memang tidak mudah. Berawal dari kegelisahan seseorang untuk mengurai persoalan yang ada, harus di ikuti dengan keahlian membuat suatu program yang dapat menjalankan perintah yang di inginkan oleh kita. 

Sistem yang dikembangkan harus benar-benar dapat memecahkan masalah yang ada. Misal saja, perusahaan startup Indonesia yang sudah menjadi unicorn seperti Gojek. Berawal dari kegelisahan sang pendiri yang harus menerjang kemacetan Jakarta saat bekerja, Bos Gojek berinisiatif mebuat sebuah ide untuk memecahkan masalah kemacetan di Jakarta dengan membuat startup ojek online. 

Gojek merupakan contoh nyata startup Indonesia yang sukses memecahkan masalah sosial. Bagaimana dengan kamu? Masalah sosial apa yang ingin kamu pecahkan? Sehingga kamu bisa membuat suatu perusahaan rintisan / startup. 

Saat ini, banyak sekali dari generasi kita ingin sekali bekerja di perusahaan startup. Dikarenakan pekerjaannya yang fleksibel, dan mungkin selera zaman nya sudah berubah. Pekerjaan yang layak tidak harus jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), dikarenakan banyak juga saat ini tertarik terjun ke dunia startup. 

Cara Memulai Membuat Bisnis Startup

Startup Indonesia


Ide Kreatif

Dari berbagai informasi yang kami himpun, cara memulai bisnis startup Indonesia yang paling penting adalah ide kreatif. Ide kreatif saat ini merupakan sebuah harta yang paling berharga bagi asset diri kamu sendiri. 

Jika kamu selalu kreatif dan terus saja melakukan sebuah perubahan maka kamu tentunya adalah sebuah asset yang sangat penting. Sehingga, untuk memulai sebuah bisnis startup tentunya sangat mudah. 

Orang kreatif akan sangat peka terhadap lingkungan sekitarnya, mereka akan melihat banyak peluang dan juga masalah yang harus didapatkan dan diselesaikan. Perusahaan startup akan membuat semua permasalahan akan lebih mudah diselesaikan. 

Action

Langkah kedua bagi Anda adalah segara ACTION. Semua ide apapun tanpa ekseskusi hanya akan menjadi blueprint dan menumpuk di pojok kamar Anda. Dalam sebuah proses trial & error dalam menjalankan sebuah bisnis bukan lagi sebuah kegagalan. Kegagalan dalam mengembangkan bisnis adalah langkah awal untuk evaluasi agar bisnis Anda jauh lebih berkembang lagi. 

Ketika ide yang Anda rancang sudah cukup matang, mulailah dari apa yang Anda miliki. Jangan menunggu alat-alat Anda lengkap, jangan pernah menunggu Anda ganteng!, karena ketika Anda menunggu maka segala ide yang Anda miliki akan di duplikasi oleh orang lain yang memiliki segalanya. 

Mulailah walaupun hanya dari sebuah garasi. Mulailah walau hanya dengan satu computer. Mulailah walau hanya dengan segala keterbatasan Anda. Dengan memulai, Anda sudah mengamankan ide Anda. 

Kompetensi

Tidak menutup kemungkinan, ketika bisnis Anda mulai berkembang menjadi salah satu startup Indonesia yang di perhitungkan. Maka, Anda harus membuat sebuah eksosistem yang di isi oleh orang-orang yang memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing. 

Dalam dunia startup pendidikan bukan menjadi salah satu standar. Dalam dunia startup orang yang memiliki keahlian dan kompetensi dibidangnyalah yang akan dicari. 

Ekosistem positif

Setelah semua berjalan, mulailah bangun hubungan yang baik diantara orang yang membangun startup Anda. Bangunlah sebuah eksosistem positif, berikanlah reward bagi karyawan yang sudah melaksanakan tugas diatas batas kemampuannya. Memberikan reward atas pencapaian adalah sebuah langkah yang baik untuk membangun eksosistem yang positif. 

Demikian artikel terkait Dari Memecahkan Masalah Sosial, Startup Indonesia Ini jadi Unicorn, semoga menjadi tambahan bahan bacaan Anda. Perlu juga kami menyampaikan bahwa, saat ini Kementrian Komunikasi membuat sebuah wadah untuk menampung pegiat startup Indonesia untuk lebih jelasnya silahkan Anda membuka tautan berikut ini https://startupstudio.id/. 

Teruslah untuk selalu bersikap kritis, positif dan selalu menjadi generasi muda yang solutif yang memberikan energi baik dan berprestasi untuk memajukan bangsa dan negara tercinta kita, Indonesia. 
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel