-->

Cara Hapus RAM (Memory Cache, Buffer, & Swap) di linux

Halo sedulur blogger semuanya, tulisan kali ini tentang ngoprek linux yaitu bagaimana cara menghapus cache RAM, memory cache, buffer dan swap di linux. Dengan menghapus cache ini biasanya loading server atau loading blog akan menjadi lebih kenceng lagi.

Tulisan ini saya dapatkan dari postingan temen facebook saya yaitu mas Dudy Adityawan beliau udah suhunya di bidang website. Saya banyak belajar dari status-status fb yang beliau tulis setiap harinya, maka dari itu saya rasa penting untuk mencatatkan kembali di blog saya ini apa yang saya rasa penting.

Cara Hapus RAM di Linux

Sebelum nya kita sudah masuk di server melalui putty atau termius, lalu ketikkan perintah Free -m untuk mengecek kondisi RAM sebelum kita optimasi. Contohnya seperti punya saya berikut ini.


Dari gambar di atas kita lihat free memory nya yg utama sisa 594 sedangkan memory swap nya masih 1020. Kalau di rasakan loading blog kita terasa berat, maka kita optimasi dengan membersihkan memory cache, buffer dan swap nya dengan menggunakan perintah linux berikut ini.

free && sync && echo 3 > /proc/sys/vm/drop_caches && free

Berikut ini screen shot nya di server saya. O iya saya menggunakan server linux dengan OS Centos


Dari gambar di atas setelah kita optimasi Free memory utamanya jadi 714372 dan memory swap nya menjadi 1045236. Alhamdulillah akses website pun jadi lancar, kenceng banget. Oke itu saja sharing kali ini semoga bermanfaat, credit tulisan ini buat mas Dudy Adityawan Thanks mas.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter