Ketahui Ciri-ciri Pinjaman Online Terbaik Berikut Ini Sebelum Mengambilnya! - Guntur Sapta Blog

Saturday, November 28, 2020

Ketahui Ciri-ciri Pinjaman Online Terbaik Berikut Ini Sebelum Mengambilnya!

Pinjaman Online Terbaik
Pinjaman Online Terbaik

Perkembangan teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, sedikit banyak sudah membuat banyak perubahan di berbagai bidang. Banyak kegiatan yang sekarang bisa dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti ketika meminjam dana secara online. Sesuai dengan namanya meminjam online bisa dilakukan dengan mengandalkan gadget yang sudah terkoneksi dengan internet saja. Dibandingkan dengan meminjam dari bank, meminjam secara online terbilang lebih mudah dan cepat prosesnya. Bahkan karena cepatnya, dana pinjaman yang diajukan bisa cair dalam hitungan jam saja. Untuk bisa menikmati kemudahan meminjam secara online ini, pastikan Anda menggunakan layanan pinjaman online terbaik.

Sudah menjadi rahasia umum, jika tidak semua pinjaman online itu terpercaya. Sehingga ketika Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, sebaiknya lebih waspada. Pastikan Anda mencari pinjaman online atau fintech (financial technology) yang sudah terpercaya agar tidak mengalami penipuan. Pinjaman online yang terbaik adalah yang memiliki ciri-ciri berikut ini:

    1. Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK

Cara mudah untuk mengetahui suatu layanan pinjaman online sudah terpercaya adalah dengan memastikan apakah sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK ataukah belum. Karena daftar fintech yang legal dan illegal selalu di update secara berkala oleh OJK, maka sebaiknya cek status legal atau illegal suatu layanan pinjaman online di lamar resmi OJK.

    2. Bunga Pinjaman Tidak Mencekik

Sering kita jumpai pinjaman online yang menawarkan pinjaman dengan bunga pinjaman hingga 2% per hari. Penyedia pinjaman online yang terbaik adalah yang mengenakan bunga pinjaman dengan prosentase yang wajar. Dimana bunga pinjaman tidak lebih dari 1%.

    3. Memiliki Alamat Kantor Yang Jelas

Pinjaman online yang resmi adalah yang memiliki alamat kantor yang jelas. Dimana alamat ini memang ada tempatnya dan bisa dituju. Jika penyedia pinjaman online tidak jelas keberadaannya dan tidak memiliki alamat kantor, maka sebaiknya patut untuk diwaspadai karena kemungkinan adalah penipuan.

    4. Memiliki Situs dan Email Perusahaan Yang Resmi

Ciri-ciri lainnya yang menjadi tanda suatu pinjaman online memang terbaik adalah jika sudah memiliki situs resmi dan email perusahaan. Sehingga Anda patut curiga jika menemukan pinjaman online tanpa adanya situs atau website, namun justru menggunakan SMS atau pesan melalui WhatsApp.

    5. Transparan Mengenai Mekanisme Pinjaman

Penyedia pinjaman online yang terbaik umumnya tidak akan ragu untuk menjelaskan mekanisme pinjaman, seperti suku bunga, pelunasan, dan simulasi cicilan pinjaman. 

    6. Memeriksa Riwayat Kredit Dari Calon Debitur

Anda patut curiga jika menemukan penyedia pinjaman online yang dengan mudah meloloskan pengajuan pinjaman tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Karena pinjaman online yang terbaik adalah yang melakukan pemeriksaan melalui SLIK OJK terlebih dahulu untuk menyeleksi kelayakan dari calon debitur sebelum menyetujui pengajuan atau justru menolaknya.

    7. Memiliki Layanan Nasabah Yang Mudah Untuk Dihubungi

Penyedia pinjaman online yang terbaik harus sudah memiliki layanan nasabah. Sehingga sebagai debitur Anda bisa mendapatkan bantuan dengan cepat ketika menemui kendala terkait pinjaman yang dilakukan. 

    8. Memiliki Aplikasi Mobile Yang Memudahkan Nasabahnya

Aplikasi pinjaman online dengan akses yang mudah dan memiliki layanan memadai bisa menjadi salah satu bukti bahwa perusahaan penyedia pinjaman online tersebut memang bonafid. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengecek bagaimana skor dan review dari para pengguna mengenai aplikasi pinjaman tersebut. 

Itu tadi berbagai ciri pinjaman online terbaik yang perlu Anda ketahui. Sehingga bisa dijadikan panduan dalam mencari penyedia pinjaman online yang tepat untuk mengajukan pinjaman dana.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentar sesuai dengan tema atau judul postingan akan saya tampilkan. Sebaiknya jangan menyisipkan live link ya, naked url aja.. Tengkyu bro atas perhatiannya.