Cara Membersihkan Pakaian Ala-ala Laundry - Guntur Sapta Blog

Monday, November 30, 2020

Cara Membersihkan Pakaian Ala-ala Laundry

Pengin tahu langkah membersihkan pakaian ala-ala laundry? Kesempatan ini kami akan memberi panduan langkah membersihkan pakaian yang umum  oleh laundry profesional dan dapat Bunda kerjakan di dalam rumah.

Bunda, langkah membersihkan pakaian adalah salah satunya pekerjaan rumah yang nampak cukup mudah. Tinggal masukan ke mesin pencuci, kelar dech. Apa hasilnya memberikan kepuasan? Jawabnya, dapat sekitar di antara ‘kadang-kadang' atau ‘tidak sama sekali'.

Langkah Membersihkan Pakaian Ala-ala Laundry Di Dalam Rumah

Cara Membersihkan Pakaian Ala-ala Laundry


1. Prewash / Spotting

Prewash ialah tingkatan saat sebelum membersihkan pakaian dengan deterjen. Laundry profesional senantiasa lakukan prewash pada baju yang akan dicuci. Triknya ialah menyemprot dengan cairan prewash beberapa bagian yang umumnya kotor, seperti kerah pakaian, pergelangan tangan, dan saku. Bila di dalam rumah tidak ada alat semprot, pakai saja sikat gigi yang tidak digunakan dan beri sedikit dengan cairan prewash. Kemudian, baju dimasukkan pada dalam mesin pencuci.

Proses pilih baju yang bernoda (sebab daki, keringat, dan lain-lain) atau proses pembersihan bintik awal. Terangnya, proses ini ialah proses yang mana akan bersihkan noda-noda yang terlihat dan tidak bisa di hilangkan cukup dengan membersihkan pakaian di mesin pencuci. Noda-noda ini ibarat bintik tinta, bintik darah, makanan dan lain-lain. Proses ini dikatakan sebagai proses perendaman pertama di mana kita akan memendam baju kotor saat sebelum dicuci jika dibutuhkan.

Dalam Proses pre-washing umumnya chemical (kimia) laundry yang diperlukan ialah: General Spotter / Emulsifier / Oxy booster.


2. Pisah Berdasar Warna

Laundry profesional harus pisahkan baju yang dicuci. Ini bermanfaat untuk jaga warna baju. Bunda harus juga check pakaian warna apa luntur atau mungkin tidak dengan mencelup ujung pakaian ke air.


3. Check Air Untuk Membersihkan

Air untuk membersihkan jadi salah satunya aspek khusus dalam proses pencucian di laundry profesional. Air yang memiliki kandungan kandungan besi tinggi umumnya memiliki warna kuning dan mengubah warna baju. Beberapa test yang dikerjakan oleh laundry ialah pH, kandungan kapur dan alkali. Bunda dapat melakukan investasi dengan beli filter air yang telah jadi atau membuat filter air sendiri yang terbagi dalam formasi ijuk, arang, batu, dan pasir.


4. Selekasnya Membersihkan Pakaian Begitu Terkena Noda

Ini ialah perlakuan paling penting waktu baju terkena noda. Selekasnya membersihkan baju yang terkena vlek memakai tisu atau sama air.


5. Pakai Chemical Laundry

Sama seperti yang telah di singgung di atas, bunda dapat coba bahan pembersih kimia yang umum digunakan laundry profesional, seperti penghilang darah, tinta, pencerah warna, dan sebagainya. Lihat langkah penggunaannya. Bahan pembersih kimia ini baik sekali hilangkan darah yang telah kering sekali pun. Gunakanlah sarung tangan sebab bahan ini dapat melukai permukaan kulit.


6. Lihat Merek Perawatan Pada Baju

Tiap bahan pakaian memiliki perawatan yang lain, bunda dapat memperhatikan merek perawatan pada semasing pakaian. Seandainya tidak ada, bunda dapat lihat tipe bahan yang bunda punyai.

Menyadari simbol pada baju adalah kunci untuk jaga baju supaya tahan lama. Pada merek dibagian dalam baju tercantum bermacam lambang perawatan baju yang disarankan sama bahan baju itu. Maksudnya untuk menghindar kerusakan baju, entahlah itu berkurang, berubah wujud, atau menghilang. Dengan begitu, kita perlu memahani lambang laundry dan lambang pada baju.


7. Proses Finising

Di saat packing umumnya karyawan laundry akan memasukkan dan pilih baju yang sudah di setrika di dalam satu bingkisan sesuai nota bon/konsumen setia. Di sini akan dikerjakan scenting atau pemberian parfum supaya baju jadi harum.

Dalam Proses Finising umumnya chemical (kimia) laundry yang diperlukan ialah: Parfum Laundry.

parfum laundry

8. Menjaga Kebersihan Mesin Cuci

Mesin pencuci bukaan depan dan atas memiliki keunggulan dan kekurangan tertentu. Ke-2 nya harus tetap dijaga kebersihannya, sebab daki dalam mesin pencuci akan punya pengaruh di hasil kebersihan baju yang dicuci.

Waktu akan bersihkan mesin pencuci bukaan depan, kamu harus pastikan tabung mesin pencuci telah kosong dari baju dan lain-lain. Pada mesin pencuci bukaan depan, minimal kerjakan bersihkan kosong pada mesin pencuci satu bulan sekali untuk hilangkan tersisa kotoran dalam mesin. Waktu lakukan bersihkan kosong, pakai pilihan hot water dan tanpa deterjen. Sesudahnya, membersihkan mesin pencuci keseluruhannya, terhitung lekukan karet yang berada di dekat tutup mesin.

Pencucian memakai air panas bermanfaat untuk bersihkan sisa-sisa detergen yang masih ada atau menimbun di tabung mesin pencuci.

Bersihkan mesin pencuci adalah wujud perawatan yang penting dikerjakan untuk menghindar kerusakan bisa lebih cepat tiba, terutama bagi mesin pencuci yang digunakan nyaris tiap hari. Begitu saja artikel di kesempatan ini hari, Mudah-mudahan info di atas berguna ya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentar sesuai dengan tema atau judul postingan akan saya tampilkan. Sebaiknya jangan menyisipkan live link ya, naked url aja.. Tengkyu bro atas perhatiannya.