Perbedaan Tari Topeng Indramayu dan Tari Topeng Cirebon - Guntur Sapta Blog

Friday, July 10, 2020

Perbedaan Tari Topeng Indramayu dan Tari Topeng Cirebon

Assalamualaikum temen temen pecinta budaya dan seni Indramayu, kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai tari topeng Indramayu. Loh bukannya tari topeng itu dari Cirebon???

Begini teman-teman, tari topeng di Indramayu juga ada dan memiliki karekteristik yang agak berbeda dengan tari topeng cirebon. Salah satu maestro tari topeng Indramayu adalah Mimi Rasinah yang mengembangkan dan melestarikan kesenian Tari Topeng Indramayu.

Saat ini beliau (Mimi Rasinah) memang sudah wafat, namun semangat dan kecintaan akan tari topeng Indramayu masih tetap dilestarikan oleh anak cucu Mimi Rasinah.


Perbedaan Tari Topeng Indramayu dan Tari Topeng Cirebon 


Mengutip dari salah satu postingan di grup Facebook Pesona Indramayu, saya kutip full artikelnya supaya tidak salah informasi atau salah penyampaian ya. Dan beberapa perbedaan dari hal tersebut adalah sebagai berikut :

Photo by @nugrosapto
Sumber: Balai pelestarian Nilai Budaya Bandung, wikipedia, skrip yulfiana,

Assalamualaikum wr wb. 
Kita semua tau bahwa indramayu memiliki kesenian tari topeng,tapi apakah pernah saat kalian liat postingan atau memposting tari topeng dengan caption indramayu di sosmed atau di manapun, ada yg comment "lho tari topeng itu kan cirebon", nah di postingan ini saya akan menjelaskan sedikit asal usulnya dan perbedaanya,agar kita tau mana punya kita mana punya tetangga.. Lanjut.

Tari topeng indramayu berasal dari tradisi dilingkungan Istana Kacirebonan sebagai acara kerajaan, misalnya penyambutan tamu raja. Lama kelamaan, tari ini diminati masyarakat di luar keraton sampai menyebar ke tanah Indramayu.
Tari istana lantas berubah fungsi menjadi tari rakyat. Sekalipun antara Keraton Cirebon dan tradisi Indramayu bertopeng sama, bentuk dan tokohnya, namun gaya dan gerak tarinya sangat berbeda.

Apa yang membedakan tari topeng indramayu dengan tari topeng dari daerah Cirebon?

Banyak hal yang menjadi pembeda antara tari topeng Indramayu dengan tari topeng Cirebon dan itu menjadi ciri khas dari daerah masing-masing. Sebenarnya keberadaan tari topeng di daerah Indramayu terjadi karena penyebaran pengamen/seniman topeng dari Cirebon ke Indramayu, jadi bibit tari topeng Indramayu itu dari Cirebon. 

Tetapi sang maestro tari topeng yang bernama mimi Rasinah memberikan ciri khas terhadap tari topeng itu dengan gayanya sendiri, dan perbedaan yang spesifik yapat dilihat dari kai. batik yang dipakai, indramayu punya batik paoman dan itu dijadikan salah satu aksesoris oleh mimi Rasinah. Dan perbedaan yang lainya juga bisa dilihat dari bentuk topengnya, mulai dari ukirannya, dan warnanya, sampai penamaan pada topeng tersebut.

Bila tari Topeng Cirebon berisi gerak Tari Topeng Panji, Samba, Tumenggung, dan Kelana, pada Tari Topeng yang dikembangkan di Indramayu ini ada gerak lain, di antaranya ada Samba Merah, Samba Udeng, dan Rumyang.

Kebudayaan dan kesenian setiap daerah pasti memiliki perbedaan, dan justru itu yg membuat indonesia ini kaya akan seni dan budaya, seharusnya kita bukan hanya jadi penonton saja,mari kita jaga dan lestarikan kesenian dan budaya kita..

SELESAI

Nostalgia Dengan Mimi Rasinah


Kalau ngomongin tari topeng, saya ada sedikit nostalgia dengan Sang Maestro Tari Topeng Indramayu yaitu Mimi Rasinah. Dulu waktu saya masih sekolah, saat itu masih kelas 2 SMA saya masuk dan tergabung dengan ekstrakurikuler Kesenian Degung di SMA 1 INDRAMAYU melanjutkan ekskul dari kelas 1.

Waktu itu tim Degung SMA 1 INDRAMAYU sering manggung di luar sekolah, istilahnya sering di tanggap (pentas) di hotel-hotel, acara pernikahan, dan acara peresmian lainnya. Kebetulan waktu itu kami pentas di Aula Universitas Wiralodra (Unwir).


Saya lupa dalam rangka acara apa, kebetulan kami yang mengiringi degung dan gak nyangka kolaborasi dengan Tari Topeng Mimi Rasinah. Waktu itu saya masih belum begitu mengerti dengan Tari Topeng Indramayu. 

Namun dari sosok penampilan aksi Tari Topeng yang di bawakan mimi Rasinah, saya masih sedikit ingat betapa luar biasanya penampilan waktu Mimi Rasinah manggung. 

Terlebih ketika beraksi Tari Topeng dan berperan menjadi Topeng Laki laki (entah apa namanya saya ga tau). Yang tadinya lemah lembut mendadak menjadi gagah Perkasa dalam penampilannya Tari Topeng Mimi Rasinah. 

Saya kira cukup sudah nostalgia saya dengan Mimi Rasinah, hehehehe biarlah ingatan itu hanya saya yang tau saja 😂 dan tersimpan rapi didalam memory otak ku. 

Semoga amal ibadah Mimi Rasinah diterima oleh Allah Subhanahu WA Ta'ala, di ampuni segala kesalahannya. Aamiin


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Berkomentar sesuai dengan tema atau judul postingan akan saya tampilkan. Sebaiknya jangan menyisipkan live link ya, naked url aja.. Tengkyu bro atas perhatiannya.