5 Rekomendasi Sate Klatak Jogja Terdekat

sate klatak jogja

Lagi nyari sate klatak malioboro ? berikut ini sate klatak rekomendasi di jogja yang saya tulis untuk anda semuanya. Sate adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang terbuat dari daging seperti daging ayam, kambing, kepiting dan beragam sate lainnya. Jika selama ini kita kenal sate adalah khas dari pulau garam Madura, ternyata ada juga lho sate yang tidak kalah nikmat dengan sate Madura. Yakni Sate Klatak JOGJA.

Sudah tau apa itu sate klatak? Sate klatak adalah salah satu sate kambing yang berasal dari Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kenapa disebut sate klatak? Karena dalam bahasa Jawa proses pembakaran terbuka disebut dengan klatak, nah dari sanalah sate kambing ini disebut dengan sate klatak.

Jika pada umumnya di daerah lain sate dipanggang menggunakan tusuk bambu ini berbeda dengan sate klatak yang menggunakan tusuk besi. Menariknya lagi sate klatak disajikan dengan gulai yang tentunya akan menambah cita rasa nikmat, tidak hanya itu tekstur pada sate ini juga lebih lembut karena sebelum dipanggang sate klatak direbus terlebih dahulu dengan api sedang selama 30 menit.

Rekomendasi Tempat untuk Mencicipi Lezatnya Sate Klatak Khas Yogyakarta


Dipanggang menggunakan besi, lebih tepatnya menggunakan jari-jari roda sepeda. Masyarakat Yogyakarta percaya dengan jari-jari sepeda yang terbuat dari besi, sate dapat matang lebih sempurna karena panasnya besi meresap masuk hingga daging dalam.

Tertarik untuk menjajal nikmatnya sate klatak khas Jogja? 

Berikut ini beberapa tempat yang bisa anda kunjungi.

1. Sate Klathak Pak Jupaini

Tempat sate klatak pertama yang bisa anda kunjungi adalah sate klatak Pak Jupaini, lokasi sate klatak Pak Jupaini ini di Jalan Imogiri Timur. Tempat Pak Jupaini adalah salah satu tempat yang tidak sepi pengunjung hampir setiap hari orang-orang rela antri 1 jam lebih hanya ingin mencicipi nikmatnya sate Klatak racikan dari Pak Jupaini.

Tidak hanya sate klatak yang disajikan di warung Pak Jupaini, terdapat beberapa menu lain seperti tongseng otak kepala kambing dan tengkleng. Tertarik untuk menikmatinya? Usahakan datang lebih awal ya sebelum warung tutup karena banyaknya orang mengantri.

2. Sate Klatak Pak Bari

Warung sate klatak selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah sate klatak Pak Bari, warung sate Pak Bari akan dibuka setelah pasar tutup, tepatnya setelah magrib hingga dini hari. Karena lokasinya yang berada di Pasar Wonokromo Imogiri Timur.

Warung sate klatak Pak Bari sudah tidak diragukan lagi cita rasa nikmatnya, karena Pak Bari sudah menurunkan usahanya ini kepada anak cucunya. Dibuka pada tahun 1940 membuat warung sate klatak Pak Bari yang terfenomenal di Jogja.

3. Sate Klathak Pangestu

Bagi anda yang berada di daerah utara dan lagi ngidam sate klatak tidak perlu jauh-jauh ke daerah selatan. Sebab, di daerah utara juga terdapat sate klatak yang tidak kalah nikmatnya, berlokasi di Jalan Damai No. 10, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman. Menjadikan sate klatak Pengestu tempat fevorit bagi mereka yang berada di daerah tersebut.

Ada yang mengatakan warung sate klatak pengestu saking ramainya setiap hari memerlukan 3 ekor kambing untuk dibuat berbagai menu yang tentunya masih bertemakan daging kambing seperti nasi goreng kambing, tongseng, jeroan kambing dan tengkleng.

4. Sate Klathak Pak Jede

Warung sate klatak selanjutnya adalah sate klathak Pak Jede yang terletak di Jalan Nologaten, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Pak Jede membuka warungnya mulai dari Pukul 11.00 sampai 24.00. Diracik menggunakan rempah-rempah tradiosional membuat sate klatak Pak Jede juga selalu ramai pengunjung.

Seperti warung sate klatak pada umumnya, di tempat Pak Jede juga menyediakan beberapa menu lain seperti nasi goreng kambing, tongseng kambing, gulai kambing, gulai jeroan kambing, sate kambing, tengkleng dan beberapa menu lainnya.

5. Sate Klatak Pak Pong

Yang terakhir adalah sate klatak Pak Pong, sate klatak ini dapat dikatakan yang juga ramai pengunjung dikarenakan tidaknya bau kambing serta bumbunya yang meresap hingga kedalam. Menariknya lagi, tempat sate klatak jogja Pak Pong juga menyediakan menu unik yakni tengkleng gajah. Kaget kan, tengkleng gajah lho!!

Tengkleng gajah ini bukan terbuat dari tulang gajak kok, disebut tengkleng gajah karena porsinya yang super jumpo. Nah, ini cocok untuk anda yang ingin menyantap bersama keluarga ataupun sahabat, bisa lebih irit juga karena dihargai lebih murah.

Tidak hanya itu, warung Pak Pong juga menyediakan nasi yang digoreng menggunakan arang, kita bayangkan bagaimana rasanya nasi goreng menggunakan arang? Bagi sebagian pengunjung nasi goreng dari Pak Pong memiliki aroma dan ciri khas tersendiri, sehingga jika anda juga ingin mencicipnya perlu mengantri.

Demikianlah rekomendasi tempat untuk mencicipi lezatnya sate klatak khas Yogyakarta, dari beberapa tempat tersebut mengenai harga tidak jauh berbeda mulai dari 15.000 - 20.000. Selamat menikmatinya..
LihatTutupKomentar