Ads 720 x 90

Proses Anamnesis untuk Mendiagnosis Penyebab Infertilitas Pria

diagnosis infertilitas pria
Prosedur anamnesis merupakan proses medis yang harus dijalani oleh seorang pria jika ingin mengetahui infertilitas pada dirinya. Prosedur ini harus dijalankan secara efisien agar diketahui diagnosis infertilitas pria yang tepat. Berbagai informasi akan digali saat anamnesis pada pria meliputi riwayat kesuburan, riwayat penyakit baik itu saat anak-anak hingga dewasa, riwayat kemoterapi, konsumsi obat dan banyak lainnya. Semua ini akan berpengaruh terhadap penyebab infertilitas.

Informasi untuk Mendiagnosa Kesuburan Pria


Proses anamnesis akan membantu untuk mengetahui infertilitas pria secara akurat. Berbagai informasi terkait riwayat penyakit dan juga gaya hidup akan digali melalui proses ini.

1.    Riwayat Kesuburan pada Pria

Riwayat kesuburan yang akan digali oleh dokter pada pasien meliputi catatan apakah ada kehamilan yang dialami oleh pasangan seksual sebelum prosedur dijalankan. Pasien juga akan ditanya terkait kesulitan dan kendala yang dihadapi sebelumnya untuk mendapatkan keturunan. Riwayat pengobatan terkait infertilitas juga akan dipastikan di sini. Pasien juga akan ditanya terkait aktivitas hubungan seksualnya dengan pasangan. Disarankan agar melakukan hubungan seksual pada saat 5 hari sebelum saat masa subur terjadi dibandingkan saat hari terjadinya ovulasi.

2.    Riwayat Penyakit

Riwayat penyakit juga sangat penting bagi diagnose seorang dokter. Pasien akan ditanyakan terkait riwayat penyakitnya yang berkaitan dengan infertilitas. Misalnya saja riwayat penyakit trauma yang terjadi di testis, penyakit gondongan, kriptorkismus bilateral hingga usia saat pertama kali terjadi pubertas.

3.    Kondisi atau Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat sangat mungkin memperbesar kemungkinan terjadinya infertilitas. Pasien akan ditanya terkait lingkungan kerjanya apakah sehat atau tidak. Pasien juga akan ditanya terkait lingkungan tempat tinggal maupun pekerjaan. Apakah sering terpapar logam berbahaya seperti timbal, cadmium, arsen dan sebagainya.

Bagi Anda yang terdeteksi memiliki gangguan kesuburan dan sulit untuk memiliki anak, klinik Bocah Indonesia hadir memberikan berbagai layanan kesehatan untuk Anda. Layanan yang diberikan berupa program fertilisasi meliputi Ovulation Induction and Surgery, IUI, IVF atau bayi tabung serta hormone treatment. Dengan komitmen yang tinggi untuk mengembangkan program fertilisasi, seluruh informasi terkait program dapat diakses melalui https://bocahindonesia.com/.
Loading...

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter