Ads 720 x 90

Tips Mudah dan Cepat Belajar Gitar untuk Pemula!


Sumber: Unshplash.com
Alat musik petik yang satu ini memang sudah cukup populer di kalangan anak jaman sekarang. Pantas kalau semua orang selalu berlomba-lomba untuk menguasai bermain gitar. Sebagian orang ingin bermain gitar seperti Jimmy Hendrix, agar kelihaiannya bermain gitar dapat disukai banyak orang.  Sudah tidak heran lagi, ada beberapa orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk mengikuti kursus les gitar agar mahir dalam bermain gitar.
Lalu bagaimana untuk kamu yang ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang gitar tapi belum pernah memainkan gitar sama sekali? Buat kamu yang tidak mempunyai banyak uang tapi ingin belajar gitar, tenang saja, kamu bisa belajar sendiri kok. Nah, kali ini kami akan merangkum tentang tips jitu belajar gitar bass untuk pemula dengan mudah. Berikut langkah-langkah belajar bermain gitar untuk pemula.
     Menentukan posisi gitar dengan nyaman dan pas
Sebelum berlatih, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu, harus  mengetahui posisi memegang gitar bass dengan benar. Kamu bisa mencobanya sendiri untuk mencari posisi memegang gitar dengan nyaman. Untuk pemula, kamu harus bisa memangku gitar, dekatkan tubuh gitar ke perut. Tahan tubuh gitar sambil ditekan senar gitarnya. Jika kamu merasa tidak nyaman maka harus ganti posisi gitarnya. Pastikan cara pertama ini dilakukan dengan baik.
     mempelajari tuning dan senar
Setelah menghasilkan posisi yang benar dan nyaman, maka kamu harus mempelajari cara menyetel senar. Pada dasarnya, tidak semua senar bisa langsung mengeluarkan suara melodi merdu ketika dipetik, apalagi kalau baru pertama beli gitar. Belajar tuning harus perlu karena untuk menghasilkan suara petikan dengan merdu dan bagus.
     Mempelajari kunci dasar gitar
Sumber: Unshplash
Sudah mengetahui tuning? jika sudah, Langkah selanjutnya yaitu mempelajari kunci dasar gitar seperti A, B, Am, D, Bm, E, Dm, C, G, dan EM G. Setiap kunci ada cara tersendiri untuk dipetik atau dimainkan. Pengetahuan memainkan gitar setidaknya kamu pelajari dahulu sebelum belajar memainkan kunci gitar. Untuk mempermudah proses belajar, kamu harus mencatat semua kunci-kunci gitar di buku.
     Cara Memainkan atau memetik gitar
Sumber: Unshplash
Setelah kamu sudah hafal kunci-kunci gitar, kamu bisa melanjutkan level berikutnya yaitu belajar memainkan gitar. Sebelum memainkan gitar kamu harus hafal cara menempatkan jari pada setiap senar gitar. Untuk pemula kali ini kamu harus menggunakan 5 jari. Di setiap kunci gitar mempunyai cara tersendiri dan menghasilkan nada melodi yang berbeda-beda. Ketika kamu memetik kunci A, maka kamu harus menekan senar A-G-D-E-B di bagian bawah. Tentu untuk kunci selanjutnya  berbeda bagian yang akan di tekan.

     Rajin berlatih memainkan chord dasar agar jari kamu lihai

Cara belajar gitar selanjutnya yaitu harus rutin belajar menekan senar di logam atau fret yang berada di bagian leher gitar. Pastikan kamu cukup merasakan getaran di jari saat menekan senar gitar. Setelah itu mainkan lah chord dasar gitar. Pilihlah dari termudah dahulu, contohnya kunci A masih ada dalam 1 bagian yang sama. Tidak boleh asal petik. Usahakan harus bisa menghasilkan suara yang jernih dan merdu. Kalau sudah berhasil menguasai 1 kunci dengan baik, kamu baru boleh mengganti untuk belajar ke kunci berikutnya.

     Menguasai nada atau melodi

Tahap belajar memainkan gitar kali ini adalah bagian yang cukup sulit. Pada cara ini kamu harus belajar membaca not dan melodi. Tahap ini cukup rumit dari cara sebelumnya. Belajar gitar paling penting dalam menguasai melodi yaitu skill, improvisasi dan feeling. Sehingga dengan cara itulah, kamu bisa membuat harmoni yang cukup indah.

Nah, itu tadi tips-tips belajar gitar untuk pemula. Kalau kamu sudah berhasil menguasai cara di atas, berarti kamu sudah berhasil belajar dengan baik. Maka cobalah memainkannya 1 lagu untuk memperlancar permainan gitar kamu!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter