Ads 720 x 90

Kenapa Bisa Terjadi Alergi ? Apa Penyebabnya

tanya dokter kenapa bisa alergi

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya guntursapta.com Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang suatu penyakit yang diderita oleh banyak masyarakat Indonesia, yaitu “ALERGI”.  Artikel ini merupakan resume dari tanya dokter di situs generasimaju.co.id

Sobat sehat, sistem imun kita sebenarnya di’desain untuk melawan atau melindungi tubuh kita dari zat-zat asing. ecara normal, sistem imun kita dapat melindungi diri kita dari berbagai macam zat-zat asing seperti bakteri, virus, jamur, dan sebagainya. Namun dalam waktu 1000 tahun belakangan ini, terjadi pergeseran. Terjadi ketidak seimbangan terhadap sistem imun kita dan itu penyebabnya bermacam-macam.

Mungkin diantaranya adalah karena banyaknya pengawet atau banyaknya zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh kita. Ditambah lagi dengan tingkat stress yang tinggi. Akhirnya, sistem imun di dalam tubuh kita menjadi sangat sensitif. Itulah yang disebut dengan alergi, ketika sistem imun kita bereaksi secara berlebihan terhadap suatu zat atau partikel, maka sistem imun akan menghasilkan zat-zat yang menyebabkan peradangan dan juga reaksi alergi.

Alergi pertama kali diidentifikasi oleh literatur pengobatan Barat pada abad 20. Jadi, saat itu dokter-dokter mulai menyadari bahwa ada sebagian orang yang lebih sensitif terhadap debu dan serbuk sari dibandingkan kebanyakan orang lainnya. Sampai saat ini, jumlah alergi dan penderita alergi terus bertambah. Khususnya di negara kita, Indonesia. Untuk memudahkan anda agar anda dapat mengerti apa itu reaksi alergi, saya akan memberikan contoh, Misalkan anda berada di dalam suatu kamar, tiba-tiba anda melihat banyak sekali nyamuk.

Sebagai respon untuk melindungi diri anda dari gigitan nyamuk, akhirnya anda mengambil semprotan obat nyamuk lalu anda menyemprotkannya. Itulah yang terjadi secara normal. Namun apabila respon anda berlebihan, misalnya dengan mengambil semprotan api. Bukan obat nyamuk, tapi menggunakan api maka yang terjadi adalah selain nyamuknya mati, kamar anda akan terasa lebih panas. Dan mungkin, dapat menyebabkan kebakaran.

Mungkin analogi ini dapat disimpulkan sebagai alergi. Banyak orang yang tubuhnya memiliki respon berlebihan terhadap suatu zat misalnya setelah mencium bunga, tiba-tiba bersin atau kena alergi debu, atau setelah makan kacang atau cokelat, tiba-tiba bibirnya bengkak, mata berair, bersin-bersin, atau kulitnya memerah gatal seperti terbakar, itulah yang disebut dengan reaksi alergi.

Atau bahkan bagi beberapa orang, dapat menyebabkan sesak napas. Dan jika tidak mendapatkan pertolongan yang tepat, dapat menyebabkan kematian. Sobat sehat, pada pengobatan China, sistem imun bergantung pada paru-paru. Dimana organ paru-paru berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari invasi benda asing dan dapat menutrisi jaringan kulit kita.

Untuk menunjang kesehatan paru-paru yang baik, dibutuhkan sistem pencernaan yang baik. Jadi bagi anda penderita alergi, sebaiknya perhatikan sistem pencernaan anda. Perhatikan Buang Air Besar anda setiap harinya terutama bagi mereka yang sering menderita bersin-bersin di pagi hari atau gatal pada kulit, atau tidak tahan terhadap makanan-makanan laut.

Coba perhatikan sistem pencernaan anda, Jadi dengan sistem pencernaan yang baik, maka tingkat alergi anda akan berkurang. Ditambah lagi dengan melakukan aktivitas olahraga fisik yang baik. Karena hal itu dapat mengurangi tingkat stress anda, dan untuk penjelasan lengkap bagaimana therapy alergi yang dapat anda lakukan di rumah akan saya share pada artikel saya yang berikutnya.

Semoga penjelasan saya mengenai alergi ini dapat anda mengerti dan jika anda yang membaca artikel ini adalah anak-anak, silahkan share kepada orang tua dan teman-teman anda. Mungkin mereka membutuhkan informasi ini. Bagi anda yang menyukai blog kesehatan seperti ini, silahkan klik bagikan di bawah ini, dan share kepada teman-teman anda. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter