Ads 720 x 90

7 Buah Langka yang Bisa Ditemukan di Taman Mekarsari


Seumur hidup, ada berapa banyak jenis buah yang Anda konsumsi? Pasti banyak, ya. Tapi, pernah makan nangkadak, kepel, dan mundar belum? Buah-buah langka tersebut bisa Anda temukan di taman buah Mekarsari. Lokasinya ada di Jl. Cileungsi (Bogor). Seperti apa sih buah langka yang ada di tempat konservasi tumbuhan tersebut?

Buah Langka di Taman Mekarsari


1. Nangkadak


Buah ini merupakan perkawinan silang antara nangka berjenis kelamin betina dengan buah cempedak jantan. Meskipun berstatus sebagai varietas baru, nangkadak memiliki produktivitas buah yang lebih tinggi ketimbang nangka biasa. Bahkan sanggup berbuah dalam kurun waktu 6 tahun usai dibudidayakan.

2. Rukam


Dalam bahasa latin, nama rukam sama dengan flacourtia. Buah ini punya keunikan tersendiri dari cara memakannya. Tidak seperti buah-buahan lain, rukam terlebih dahulu dipijit sebentar sebelum dimakan. Tujuannya untuk menghilangkan kesan sepat pada bagian daging buah. Permukaan buah rukam yang sudah matang akan berwarna ungu. Mirip dengan anggur.

3. Rambai


Buah langka ini mulanya berasal dari Kalimantan Timur. Tapi mampu tumbuh dengan baik di tanah Jawa. Sepintas, perawakan buah rambai mirip sekali dengan duku ataupun langsat. Ketika digigit, dagingnya yang berwarna putih akan berair. Rasanya juga manis, tapi ada kesan kecut. Seringkali, rambai difungsikan sebagai obat antibakteri dalam dunia kedokteran.

4. Mundu


Selain di Jawa, buah mundu juga mampu hidup di sebagian wilayah Kalimantan. Ciri buah ini memiliki rasa yang manis, tapi agak masam. Begitu digigit, terasa segar karena banyak mengandung air. Buah ini termasuk langka karena tidak semua wilayah bisa dihuni oleh tanaman mundu. Untung di taman buah Mekarsari, buah mundu bisa lestari.

Selain rasanya yang manis, buah mundu bisa dimanfaatkan untuk selai ataupun campuran jamu tradisional. Dulu, saat buah mundu masih belum banyak dikenal, ia digunakan untuk membuat campuran warna hijau alami. Jadi tidak perlu pakai pewarna buatan ketika bikin apam atau berbagai jenis penganan lain.

5. Mundar


Mundar atau garcinia forbesii merupakan jenis manggis yang khas dari Kalimantan Selatan. Berhubung rasanya begitu lezat, mundar bahkan dijuluki dengan nama “Queen of Fruits” atau ratunya buah-buahan. Tapi sayangnya pertumbuhan tanaman mundar cenderung lambat. Jadi perlu penanganan khusus dari para ahli untuk melestarikan tanaman langka ini.

6. Maja


Buah ini terkenal memiliki rasa yang pahit, tapi memiliki banyak sekali manfaat. Keberadaannya sudah jarang sekali terlihat. Padahal dulu masih banyak hidup di area pedesaan. Adapun manfaatnya antara lain untuk menyembuhkan penyakit diare, gatal-gatal, bengkak, hingga bisa melembutkan kulit.

7. Kepel


Kepel atau stelechocarpus burahol dulunya merupakan buah favorit para putri keraton di Jawa. Soalnya dipercaya bahwa siapa pun yang memakannya akan memiliki tubuh cantik. Di beberapa daerah, kepel juga dikenal dengan banyak nama seperti simpol, cindul, hingga turalak. Lalu, bagaimana sih rasa dari buah kepel ini?

Kalau sudah matang atau berwarna kecokelatan, buah kepel baru bisa dipetik. Rasanya cukup manis. Mengapa buah kepel keberadaannya bisa begitu langka? Sebab, banyak orang dulunya takut kuwalat kalau ikut menanamnya gara-gara buah kepel jadi santapan favorit para putri keraton.

Hari Apa yang Tepat untuk Berkunjung ke Taman Mekarsari ?


Taman buah ini buka setiap hari Senin hingga Jumat. Tepatnya mulai pukul 10 pagi hingga setengah 5 sore. Sedangkan untuk weekend atau hari libur nasional, berubah jadi pukul 9 pagi hingga setengah 5 sore. Adapun tarif masuk untuk orang dewasa sebesar 30 ribu Rupiah. Jika membawa mobil atau kendaraan, ada biaya tambahan sebesar 20 ribu Rupiah.

Bagaimana dengan Penginapan Terdekat di Taman Mekarsari ?


Sebetulnya banyak sekali sih penginapan yang ada di dekat taman buah ini. Hanya saja, biar lebih praktis bisa menggunakan layanan dari BATIQA Hotel Jababeka. Terutama jika Anda ingin menikmati taman buah ini lebih dari satu hari. Sebab jarak antara BATIQA dengan tempat konservasi ini bisa ditempuh kurang dari 1 jam jika menggunakan kendaraan.

Liburan akhir tahun kan semakin dekat nih. Apakah Anda sudah punya rancangan untuk mengisi momen liburan bareng keluarga? Kalau belum, bisa tambahkan taman buah Mekarsari ke dalam daftar destinasi wisata yang ingin dituju. Taman buah ini bahkan sudah berpredikat sebagai pusat pelestarian buah tropika terbesar di dunia, lo! Jadi, hampir seluruh varietas buah-buahan ada di sana.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter