Ads 720 x 90

Bagaimana Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard di Hape


Tak ada laptop pake hape pun bisa loh buat ngeblog. Ini iseng aja nih sebenarnya, kemarin liat liat di youtube tentang tutorial cara pasang otg usb di hape. Terus saya lihat di channel lain ada yang bisa menggunakan Mouse dan Keyboard secara bersamaan dengan menggunakan kabel usb otg.

Pilihan saya langsung jatuh hati pada tayangan yang mengulas cara pasang otg dengan Mouse dan Keyboard secara wireless atau tanpa kabel. Bagi saya ini adalah sesuatu yang baru, karena saya baru tau ehehehe.

Cara Menggunakan Keyboard External di Ponsel Android


Sebelum nya harus ada beberapa alat yang sudah di sediakan yaitu :

  • Sambungan/Colokan OTG to USB
  • Keyboard Wireless
  • Mouse Wireless
Untuk Colokan OTG nya sendiri saya beli di salah satu konter hape di jatibarang, harganya murah cuma Rp.15.000 saja. Sedangkan untuk keyboard dan Mouse nya saya beli online di tokopedia dengan harga kisaran Rp.150.000

Sebelum membeli OTG pastikan ponsel temen-temen harus sudah support dengan OTG ya. Karena ada beberapa hape terutama yang versi lawas tidak mendukung fitur OTG.

Kemudian untuk keyboard wireless dan Mouse nya saya beli yang sudah satu paket. Maksudnya Mouse dan Keyboard nya ini tansmitter nya cukup satu aja. 

Nah jika semua alat alat ang sudah saya sebutkan sudah ada, sekarang kita mulai memasang nya satu persatu. Jangan dikira caranya susah ya, udah banget kok. saya yakin semuanya bisa.

1. Instalasi Colokan OTG to USB


Masukkan colokan OTG nya ke hape kalian, setelah itu nanti hape akan mendeteksi OTG itu dengan nama keyboard external.

2. Pasang Transitter Keyboard ke Colokan OTG


Ini wajib di pasang ya, karena ini merupakan satu satunya jalur penghubung yang dapat mengkoneksikan antara ponsel dengan keyboard dan Mouse menggunakan teknologi nirkabel.

3. Pasang Baterai


Keyboard external dan Mouse external untuk ponsel ini memerlukan sebuah daya yang mana di dalam paket penjualan sudah di sertakan 4 baterai ukuran AAA (baterai ukuran remote tipi).

Pasangkan 2 baterai ke Mouse dan Pasangkan 2 baterai ke keyboard. Jangan lupa saklar  off nya yang ada di bagian bawah Mouse di nyalakan juga.

Setelah nyala beberapa saat, mungkin ada semacam instruksi konfigurasi ulang untuk keyboardnya. Biasanya berupa pilihan keyboard dan negara saya pilih menggunakan keyboard Inggris - Amerika.

Nah jika instalasi nya sudah benar, nanti kursor Mouse nya akan kelihatan di layar ponsel Android kita. Silahkan anda coba klak klik kesana kemari, coba juga tombol scroll nya apakah berfungsi semuanya atau tidak.

Cek juga keyboardnya barangkali ada yang tidak berfungsi, sebagai rekan rekan ketahui, saat tulisan ini kalian baca, saya menulisnya menggunakan keyboard external ini. Alhamdulillah sejauh ini masih dirasa lancar.

Nah mudah bukan cara menggunakan Mouse dan Keyboard untuk ponsel Android ini. Jika informasi ini bermanfaat, boleh kok di share dan jka ada pertanyaan bisa langsung komen aja di bawah ini. Terimakasih.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter