Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi Umur 6 Bulan Hingga 10 Bulan

Makanan sehat untuk bayi  - Halo Assalamualaikum semuanya terutama bunda yang saat ini sedang mempunyai bayi umur 6 bulan hingga 10 bulan. Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Artikel ini saya sadur dari berbagai sumber yang kredibel namun bukan berarti artikel ini menjadi rujukan atau patokan pasti yang harus di lakukan. Tetap yang utama dan penting adalah konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi terutama ahli gizi anak supaya lebih valid (disclaimer on). Pada biasanya, balita telah mulai boleh diberi konsumsi tambahan tidak hanya ASI pada umur 4- 6 bulan ke atas. Supaya perkembangannya berlangsung baik, dianjurkan berikan makanan sehat buat balita sesuai dengan umurnya.

Bermacam- macam jenis makanan pendamping asi untuk bayi yang ada tentunya akan membuat bunda harus dan wajib dalam selektif dan memutuskan makanan apa saja yang harus di pilih buat buah hati kita.. Tidak hanya isi gizinya, bunda pun juga wajib menetapkan kalau hidangan tersebut tidak membikin balita bunda terkena alergi.

Makanan sehat untuk bayi

Foto Source : Parents.Com

World Health Organization (WHO) sebuah organisasi kesehatan dunia juga sempat merekomendasikan agar para bunda buat memberikan makanan pendamping ASI( MPASI) kepada anak- anaknya. MPASI boleh mulai dikasih pada bayi dengan rentang umur mulai dari umur 6 bulan sampai dengan bayi berumur 24 bulan. Pemberian MPASI ini fungsinya berperan buat pemenuhan kebutuhan konsumsi gizi pada balita yang kondisinya tidak bisa terpenuhi oleh ASI saja.

Saat sebelum melangkah untuk memberikan hidangan sehat buat balita bunda, harus dan wajib juga dicermati aspek kesiapan pada sang buah hati kita apakah siap buat menerima makanan padat. Baiklah berikut ini adalah makanan sehat untuk bayi dengan usia 6 bulan ke atas.

Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan


Kebutuhan nutrisi untuk bayi yang berada pada umur 6 bulan ke bawah pastinya masih sangat ketergantungan dengan Air Susu Ibu (ASI). Bunda tentunya akan selalu memperhatikan asupan makanan untuk bunda sendiri agar terjaga kualitas ASI demi kelancaran dan kesehatan bayi. Orang orang di desa masih banyak menggunakan olahan daun katuk untuk dibuat sayur dan agar air susu ibu banyak dan lancar. Nah menginjak usia bayi mulai naik ke 6 bulan ini sudah si bayi sudah harus mulai makan makanan padat. Saya informasikan makanan di bawah ini yang memiliki nutrisi yang bagus dan layak jadi makanan pendamping ASI (MPASI) terbaik.

1. Buah Alpukat


Kandungan pada buah alpukat ini kaya dengan lemak tak jenuh yang manfaatnya sangat bagus buat pertumbuhan otak buah hati kita. Bunda juga harus tahu jika kandungan lemak sehat nya ini hampir mirip dengan komposisi lemak yang ada di dalam ASI.

Penyajian buah alpukat sebagai makanan sehat untuk bayi 6 bulan ini cukup dengan memilih alpukat yang sudah benar benar matang, lalu kita ambil daging buahnya dan campur dengan sedikit ASI atau susu formula lalu di haluskan agar didapatkan tekstur yang lebih lembut supaya mudah dicerna bayi.

2. Ubi Jalar


Kandungan beta karoten yang terdapat dalam ubi jalar ini ketika masuk di dalam tubuh akan di olah menjadi vitamin A. Kita semua pasti tahu fungsi dari vitamin A yaitu untuk penglihatan dan tumbuh kembang bayi serta untuk proteksi bayi dari infeksi.

Ubi kaya akan vitamin c, mineral, dan juga zat besi yang semuanya penting di butuhkan dalam tubuh bayi. Cara pengolahannya cukup dengan memilih ubi jalar yang sudah matang kemudian di kukus dan di haluskan.

3. Buah Pisang


Saya kira buah pisang ini yang paling banyak dilakukan oleh bunda sebagai makanan pendamping asi untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Kandungan pisang memiliki potassium, vitamin B6, Vitamin C, Kalsium dan juga zat besi yang sangat bagus untuk tumbuh kembang bayi.

Rekomendasi pisang yang bagus dikonsumsi yaitu pisang ambon, pisang emas dan pisang susu. Rekomendasi ini tidak mengikat ya, karena bisa saja di tempat bunda tidak ada jenis jenis pisang seperti tadi.

Cara penyajiannya adalah buah pisang yang sudah matang sempurna, kita kupas bagian kulitnya lalu di kerok dengan menggunakan sendok bayi atau sendok kecil lalu kita haluskan hingga halus dan lumat.

4. Brokoli


Sayuran brokoli ini kaya dengan kansungan seratnya, selain itu juga kandungan folat dan kalsium sangat bagus untuk perkembangan buah hati kita.

Cara penyajian brokoli dengan mengukusnya hingga matangdan empuk, lalu di potong-potong dengan ukuran yang sangat kecil yang sesuai dengan konsumsi bayi.

5. Daging


Untuk jenis daginya boleh dari daging ayam, daging sapi atau juga daging kambing boleh di konsumsi untuk bayi 6 bulan ke atas. Daging kandungannya kaya akan protein, zat besi dan juga vitamin B6 tapi selain itu juga kaya dengan riboflavin.

Cara penyajian daging ini bisa di buat sup, tapi karena tekstur daging ini juga cukup susah buat dikunyah maka sebaiknya diberikan ketika menginjak usia 7 bulan hingga 10 bulan ke atas.

6. Bayam


Orang tua kita jaman dahulu sering sekali memberikan sayur bayam sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi 6 bulan ke atas. Kemudahan mencari sayur bayam dan harganya murah serta kandungan gizinya yang luar biasa bagus menjadikan sayur bayam ini menjadi pilihan favorit bunda.

Cara penyajiannya khusus untuk bayi 6 bulan ini cukup mudah sekali, yaitu dengan cara mengukus bayam hingga matang kemudian dilumatkan hingga halus.

Demikian tadi informasi 6 makanan yang sehat untuk bayi 6 bulan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.

0 Response to "Inilah Makanan Sehat Untuk Bayi Umur 6 Bulan Hingga 10 Bulan"

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan tema atau judul postingan akan saya tampilkan. Sebaiknya jangan menyisipkan live link ya, naked url aja.. Tengkyu bro atas perhatiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel