Belajar Saham Pemula Menggunakan Analisa MFI (Money Flow Index)

Masih melanjutkan belajar saham yang kemarin yaitu analisa menggunakan MFI atau Money Flow Index. Hari ini sebelum saya memutuskan BUY saham apa aja, terlebih dahulu saya sortir dulu atau dalam bahasa sahamnya kita screening terlebih dahulu saham saham apa saja yang mau kita pilih.

Belajar Saham Menggunakan Analisa MFI


Saya pake screening dengan perintah pada bot /SCR GCTEMA di aplikasi Bot Telegramnya. Dan hasilnya adalah sebagai berikut :

PERINTAH: /SCR GCTEMA


Berikut ini adalah saham-saham yang mengalami TEMA Golden cross (10,20).

BBCA; Last:27500; Chg:250
BHIT; Last:83; Chg:3
BNLI; Last:980; Chg:75
*)FILM; Last:815; Chg:10
*)MAMI; Last:125; Chg:1
*)MTDL; Last:1165; Chg:60
*)PGAS; Last:2390; Chg:60

Last scan: 2019-03-26 10:12:12

Saham yang diawali dengan tanda "*)" adalah saham syariah

Sortir Saham Saham Diatas Dengan Menggunakan Perintah Bot  /C KODESAHAM i20.1,i20.3,i20.5,i20


1. Belajar  Saham Pemula , Analisa Saham BHIT

Jika kita lihat Money Flow Index 1 (yg saya lingkari sebelah kiri) angkanya sudah mencapai 100, itu artinya masuk kriteria. 

Namun jika lihat Money Flow Index 3 (yg saya lingkari pada chart bawah) angkanya mencapai 52.6, itu artinya tidak masuk kriteria. Karena kriterianya yaitu MFI 1 dan MFI 3 angkanya harus 100 semua. Jadi kesimpulannya saham dengan kode saham BHIT ini langsung saya singkirkan karena tidak masuk kriteria. Sekarang kita lanjut analisa ke saham berikutnya yaitu BNLI

2. Belajar  Saham Pemula , Analisa Saham BNLI

Nah untuk saham BNLI ini saya liat agak bagus, namun kembali lagi kriteria analisa belajar saham pemula dengan menggunakan Money Flow Index ini MFI 1 dan MFI 3 harus di angka 100 semua dan Candle berwarna Hijau. Dari gambar chart di atas MFI 1 100 dan MFI 3 hanya 84.68 jadi tidak masuk kriteria saya. Oke sekarang lanjut lagi ya analisanya belajar saham untuk pemula seperti saya lanjut ke saham FILM.

3. Belajar  Saham Pemula , Analisa Saham FILM

Wah kalau saham dengan kode saham FILM ini yang saya liat udah jelas jelas gak masuk kriteria deh. MF1 100 dan MFI 3 berada di angka 46.31. Kita lanjut lagi ke saham MAMI.

4. Belajar  Saham Pemula , Analisa Saham MAMI

Woow canggih nih, kayaknya saham dengan kode MAMI ini layak masuk kriteria. Kita lihat MFI 1 angka 100 dan MFI 3 nya juga 100. Kemudian kita liat juga candle nya hijau, ini artinya saham ini masuk kriteria dan akan kita analisa lebih dalam lagi dengan melihat Daily Stop Resistantnya.

Cek Daily Stop Resistennya dengan perintah Bot /P MAMI

Nah kalau kita baca dari grafik speedometer saham MAMI di atas, harga saat ini sudah melewati PIVOT (P) dan sepertinya akan cenderung melewati batas Resistent 1 (R1), itu artinya saya akan memasukkan saham MAMI ini dalam trading saya. 

Kadang untuk lebih memperdalam lagi analisanya saya cek juga EQUIVOLUME nya dengan perintah Bot /EQ KODESAHAM nah dibawah ini adalah Equivolume dari saham MAMI ini.


Kalau yg saya baca dengan model kotak ramping warna hijau ini cenderung akan naik namun volume nya sangat kecil. Sehingga nanti nya dia akan lebih mudah buat merosot turun, kadang dengan model saham kotak ramping kecil ini merupakan indikator saham gorengan juga. Jadi kalau nemu yang jenis KOTAK LEBAR BESAR BIRUNYA FULL itu bisa kita hajar buy aja. Oke deh kita lanjut analisa lagi ya gaess ke saham beikutnya yaitu MTDL

5. Belajar  Saham Pemula , Analisa Saham MTDL

Wiih cakep nih MTDL, liat aja tuh MFI 1 nya angka 100 dan model grafiknya tumpul, itu artinya udah di akumulasi dari kemarin kemarin. Sedangkan MFI 3 nya juga ada di angka 100 dan grafiknya tumpul. Terus kita liat candle nya ijo ya gan, masuk kriteria lah kalau yang model ginian. Eit, tapi saya analisa lebih lanjut ya Equivolume nya.

Cek Equivolume dengan perintah Bot Telegram /EQ MTDL

Equivolume saham MTDL
Nah coba bandingkan dengan Equivolume nya saham MAMI di atas, saham MTDL ini grafik kotak nya BESAR dan Warna Biru nya udah mulai naik. Hajar bleh kalau yang model kayak ginian sih. Tapi sebelum itu kita cek daily resistent nya ada di harga berapa.

Cek Daily Stop Resistennya dengan perintah Bot /P MTDL

Kita lihat daily resistennya sudah melewati Resistent 1 (R1) , ini artinya sangat rekomen banget untuk kita BUY sahamnya dengan target profit harian 2 % sampai dengan 3 % saja. Bentar ya saya BUY dulu semoga menjadi rejeki saya hari ini hehehehe.

Belajar Saham Pemula Cara Beli saham

Nah saya tadi baru aja beli saham MTDL nya di harga 1165 sebanyak 1 LOT saja hehehehe. Nanti updatenya menyusul ya.

Update Tanggal 27 Maret Saham MTDL minus bro. IHSG juga lagi turun, tidak saya close nunggu besok semoga positif

6. Belajar  Saham Pemula , Analisa Saham PGAS

Wah MFI 3 nya jelek nih saham PGAS ini jadi gak masuk kriteria. Kalau udah gak masuk kriteria saya gak lanjutin analisa berikutnya karena akan buang buang waktu saja.

Demikian tadi ya gan Belajar Saham Pemula Menggunakan Analisa MFI (Money Flow Index) ala Kang Guntur yang tujuannya untuk saya dokumentasi saya pribadi sekaligus sebagi rekam jejak aktivitas trading saya. Masih banyak hal hal yang saya pelajari dari belajar saham pemula ini, bismillah semoga cuan banyak ya untuk saham MTDL yang saya beli tadi. Terimakasih buat yang sudah membaca di blog guntursapta.com ini.

0 Response to "Belajar Saham Pemula Menggunakan Analisa MFI (Money Flow Index)"

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan tema atau judul postingan akan saya tampilkan. Sebaiknya jangan menyisipkan live link ya, naked url aja.. Tengkyu bro atas perhatiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel