Yakin Kamu Nggak Suka Perpustakaan Kalau Perpustakaan Yang Ini Gimana

Yakin Kamu Nggak Suka Perpustakaan Kalau Perpustakaan Yang Ini Gimana

Image source: https://cdn.yukepo.com/content-images/listicle-images/2017/05/21/41624.jpg

Wah ternyata perpustakaan mampu pula kan tampil keren, nyaman serta mengagumkan misalnya perpustakaan-perpustakaan di atas?! Nah dari 25 perpustakaan di atas, perpustakaan mana nih yang jadi favoritmu?

Perpustakaan yang beralamatkan di lantai dasar Wisma Proklamasi, Jalan Proklamasi 41, Jakarta Pusat ini mampu jadi semacam oase di tengah keringnya perpustakaan asik, asri, keren serta nyaman di Indonesia. Total koleksi buku yang ada di perpustakaan ini memang baru 12 ribuan item, akan tetapi buku-buku yang ada di sini sebagian akbar artinya buku langka yang akan sulit buat ditemui di pasaran.

Royal Portugis Reading Room yang berada di kota Rio de Janeiro ini dibangun antara tahun 1880 serta 1887 serta menyimpan kurang lebih 450.000 item tulisan karya bangsa Portugis yang pernah menjajah Brazil. Oleh sebab itu arsitektur bangunan ini pula mempunyai aksen Portugis yang kental, terlihat dari bagian muka gedung yang hampir mirip bareng gedung Jeronimos Monastery di Lisbon.

Pada awalnya pembangunan perpustakaan ini dibangun buat melakukan riset tentang kebijakan publik. Namun, kini perpustakaan ini semakin berkembang sampai kini total koleksinya sudah mencapai 35,6 juta item bareng 1 juta pengunjung setiap tahunnya.

Buat engkau pecinta Harry Potter, engkau absolut sudah nggak asing bareng perpustakaan ini.

Ketujuh kontainer ini disulap menjadi perpustakaan modern nan nyaman serta disusun sedemikian rupa sampai menyerupai permainan tradisional Egrang. Koleksi buku yang ada di perpustakaan ini masih kurang lebih 6 ribuan buku, terdiri dari aneka macam jenis misalnya buku hiburan populer, buku-buku spesifik perempuan serta buku sains serta teknologi.

Nah perpustakaan misalnya ini ternyata ada di Indonesia serta mampu engkau temui di kota Malang, Jawa Timur. Perpustakaan unik ini dibangun dari tujuh kontainer bareng ukuran tidak sinkron yang dicat warna-warni serta diberi nama Perpustakaan Amin serta baru diresmikan tahun 2008 kemudian.

2. Boston Public Library, Amerika Serikat

Eh, nggak percaya? Traveling dulu yuk ke 20 perpustakaan mengagumkan yang luar biasa ini! Pasti deh bikin engkau betah berlama-lama baca buku di sini

Perpustakaan ini dibangun kepada tahun 1766 serta lebih dikenal bareng nama Bibliotheca Tanseana buat menghormati Louis Gurin de Tencin, orang yang menjadi perintis perpustakaan ini. Namun kepada tahun 1976 pemerintah setempat mengubah namanya menjadi National Library of Malta sebab peran penting perpustakaan ini di bidang riset serta pendidikan di Malta.

7. Handelingenkamer, Gedung Parlemen Belanda, Den Haag

12. Virgilio Barco Library, Kolumbia

Perpustakaan ini berisikan seluruh publikasi di Paris termasuk koleksi buku serta jurnal bareng 31 juta aset perpustakaan lainnya. Menurut estimasi tiap tahunnya terdapat 1,3 juta pengunjung serta 150 ribu tambahan koleksi bagi perpustakaan ini.

Perpustakaan ini dibangun kepada tahun 1895 serta menjadi galat satu perpustakaan pokok di Amerika Serikat. Saat ini koleksi yang dimiliki perpustakaan ini mencapai lebih dari 53 juta item sehingga perpustakaan ini masuk dalam jajaran perpustakaan terbesar kedua di Amerika serta menjadi terbesar ketiga di dunia.

The Crystal Knowledge atau dikenal pula bareng Perpustakaan Universitas Indonesia ini artinya perpustakaan yang dianggap menjadi perpustakaan terbesar se-Asia serta baru diresmikan kepada tahun 2011 yang kemudian. Gedung perpustakaan ini mempunyai tiga menara serta mampu menampung 20 ribu orang per harinya.

3. Bodleian Library Universitas Oxford, Inggris

17. Ambrosiana Library & Art Gallery, Italia

19. National Library of China, Cina

Perpustakaan Nasional Rusia ini didirikan kepada tahun 1795 di kota St. Petersburg serta menjadi perpustakaan tertua di negara ini. Pada awalnya, perpustakaan ini lebih dikenal bareng nama Imperial Public Library atau Perpustakaan Umum Milik Kerajaan. Namun setelah Revolusi Bolshevik tahun 1917 menggulingkan Kerajaan Rusia serta membunuh Tsar serta keluarganya,  perpustakaan ini berkembang menjadi State Public Library atau Perpustakaan Umum Milik Negara nama yang dipertahankan sampai ketika ini.

Perpustakaan Nasional Austria artinya perpustakaan terbesar di Austria serta termasuk galat satu perpustakaan kuno di Eropa. Dibangun di era dinasti Habsburg di abad ke-18, perpustakaan ini dulu pula dikenal bareng nama Hof-Bibliothek (Perpustakaan Istana). Tapi nama ini berkembang menjadi sterreichische Nationalbibliothek (Perpustakaan Nasional Austria) ketika Austria menghapuskan sistem monarkinya. Koleksi perpustakaan ini sendiri mencapai lebih dari 7 juta judul.

Koleksi perpustakaan ini mayoritas bareng buku-buku yang membahas Rusia bareng jumlah koleksi mencapai lebih dari 36 juta buku, yang menyebabkan perpustakaan ini menjadi perpustakaan terbesar nomor 5 di dunia.

1. Prague Clementinum (National Library), Republik Ceko

Perpustakaan Daerah Boston ini didirikan kepada tahun 1895 serta terdiri dari tiga bangunan pokok: ruang koleksi, ruang pameran, serta ruang adminstrasi. Perpustakaan ini mempunyai lebih dari 24 jenis koleksi beragam jenis serta sering menyelenggarakan pameran buat memamerkan koleksi-koleksi langka yang dimiliknya.

8. The National Library of Russia, St. Petersburg, Rusia

21. Russian State Library, Moskow

Perpustakaan Gedung Parlemen Belanda ini terletak di bunda kota administrasi Belanda, Den Haag. Atapnya terbuat dari kaca-kaca berwarna buat mengizinkan sebanyak-banyaknya cahaya alami masuk, sebab perpustakaan ini dibangun sebelum lampu listrik ditemukan. Sayang hanya buka dua hari setahun.

Eits, uniknya lagi di sini engkau pula mampu mendapatkan layanan investigasi kesehatan serta investigasi gigi gratis lho!

16. Perpustakaan Nasional Malta

Perpustakaan Yale yang berada di Universitas Yale ini merupakan perpustakaan terbesar kedua di Amerika Utara. Koleksi yang mampu engkau pinjam di perpustakaan mencapai lebih dari 15 juta buku. Selain itu, Perpustakaan Yale pula menyimpan manuskrip dari Christopher Columbus, F.D Roosevelt serta Abraham Lincoln.

11. Jose Vasconcelos Library, Mexico

Koleksi paling terkenal dari perpustakaan ini artinya Kitab Kell serta Kitab Durroy. Kedua kitab ini merupakan buku kesadaran kepercayaan Kristen bagi Suku Kelt sebuah suku di Eropa yang pula merupakan nenek moyang orang Irlandia, Skotlandia, Wales, serta Breton  serta sering disebut sebagai buku yang paling mengagumkan yang ada di dunia.

18. The Royal Danish Library, Denmark

4. Trinity College Library, Dublin

Library of Congress yang ada di AS ini mempunyai lebih 150 juta item koleksi serta menjadi perpustakaan terbesar di Amerika. Perpustakaan ini mempunyai desain interior yang mengagumkan serta diakui oleh Guinness Book Record sebagai perpustakaan bareng bangunan yang terbesar di dunia.

Bibliotheque Nationale de France yang didirikan kepada tahun 1461 awalnya berfungsi sebagai perpustakaan kerajaan, akan tetapi di tahun 1792 perpustakaan ini diresmikan menjadi perpustakaan nasional Perancis.

Ya, beberapa adegan di film Harry Potter memang diambil di perpustakaan milik Universitas Oxford, Inggris ini. Koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan ini mencapai nomor lebih dari 11 juta judul. Namun selain itu, perpustakaan ini merupakan galat satu perpustakaan tertua di Eropa, lho! Perpustakaan ini mulai dibangun sejak abad ke-17, tepatnya kepada tahun 1602. Waaah itu berarti umur perpustakaan ini hampir 600 tahun!

5. The Austrian National Library, Austria

Bagi sebagian akbar orang (kecuali bagi mereka yang suka membaca) kesan yang ada di benak mereka ketika mendengar istilah perpustakaan absolut artinya bangunan tua, sepi gelap, nggak asik serta ngebosenin. Namun nir semua perpustakaan misalnya itu ya guys. Masih ada kok perpustakaan yang mengagumkan, keren, mengagumkan, bahkan luar biasa!

The Royal Danish Library didirikan kepada tahun 1482, serta kepada awalnya artinya perpustakaan Universitas Copenhagen. Seiring berjalannya waktu perpustakaan ini kemudian berkembang serta berkembang menjadi perpustakaan nasional negeri Denmark. Perpustakaan ini mempunyai koleksi sebanyak 30,2 juta item yang berupa buku fisik ditambah bareng 393 ribu gigabyte materi digital.

6. New York Public Library, Amerika

24. The Crystal Knowledge, Depok

Jumlah total koleksi yang ada di perpustakaan ini mencapai 31,2 juta item serta uniknya literatur-literatur kuno tersebut nir hanya dituliskan secara biasa akan tetapi pula ada yang ditulis atau diukir secara pribadi ke tengkorak atau cangkang kura-kura.

10. Royal Portuguese Reading Room, Brazil

Karena itu buat engkau yang lagi butuh kenyamanan buat menulis atau sekadar baca buku langka nan baru buat nambah ilmu, boleh deh daftar jadi anggota perpus ini, gratis kok!

14. British Library, Inggris

25. Perpustakaan Amin, Malang

Perpustakaan yang didirikan oleh Francesco Braschi kepada tahun 1609 di kota Milan ini mampu dibilang lebih mirip museum dibandikan bareng perpustakaan, serta lebih dikenal bareng nama Biblioteca Amrosiana.  Beberapa koleksi langka serta terkenal yang hanya dimiliki oleh perpustakaan ini artinya Codex Atlanticus serta 12 manuskrip lainnya dari Leonardo da Vinci, Caravaggio, Michaelangelo, Galileo sampai Raphael.

Perpustakaan yang berada di pusat kota Dublin ini artinya perpustakaan terbesar di Irlandia serta merupakan perpustakaan bagi dua universitas, yakni Trinity College Dublin serta University of Dublin. Koleksi yang tersimpan di perpustakaan ini mencapai lebih dari 6 juta judul buku yang terdiri atas majalah, jurnal, rekaman musik serta lain-lain.

Didesain arsitek kenamaan Kolombia Rogelio Salmona, Perpustakaan Virgilio Barco artinya lebih dari sekedar gudang buku. Ia pula memberikan ruang buat pameran , auditorium luas, serta lapangan luar buat bersantai bagi warga kota.

13. National Diet Library, Jepang

9. Kyoto International Manga Museum, Jepang

Bagaimana bentuknya ya, ketika kontainer disulap menjadi sebuah perpustakaan? Wah, absolut keren!

20. Library of Congress, Amerika Serikat

Perpustakaan yang didirikan oleh botanis, etnomolog, serta teolog Ceko Kaspar Maria von Strenberg kepada tahun 1818 ini bukan hanya galat satu perpustakaan tertua di dunia, akan tetapi pula galat satu perpustakaan terbesar bareng lebih dari 14 juta item buku dari aneka macam bidang ilmu.

Sejak abad ke-17, Royal Danish Library merupakan loka berkumpulnya aneka macam harta nasional yang muncul dalam bentuk materi tertulis. Seperti beberapa karya Hans Christian Andersen serta Guamn Poma de Ayala.

Russian State Library yang ada di Moskow ini merupakan perpustakaan terbesar ke empat di dunia bareng jumlah koleksi total mencapai 44,4 juta item. Perpustakaan yang dibangun kepada tahun 1862 ini sudah berganti nama beberapa kali. Pada tahun 1925, namanya berkembang menjadi V.I. Lenin State Library. Namanya berganti lagi di tahun 1992 menjadi Russian State Library serta bertahan sampai ketika ini.

Di sini engkau mampu mendapati seluruh koleksi manga, baik yang berasal dari Jepang maupun dari luar Jepang. Namun nir hanya mendapati manga, engkau pula mampu melihat kerajinan-kerajinan tangan yang didapatkan masyarakat Jepang mulai dari zaman peperangan sampai zaman modern sekarang ini. Selain itu engkau pula mampu melihat anak-anak mungil yang kawai, sebab di sini pula ada sekolah dasarnya lho!

Perpustakaan ini dibangun oleh arsitek terkenal Alberto Kalach kepada tahun 2006 yang kemudian. Perpustakaan ini dibangun buat mengenang Jose Vasconcelos, galat satu filsuf serta politisi yang berpengaruh di Meksiko. Media di Meksiko sendiri menyebut perpustakaan ini sebagai Megalibrabry sebab mempunyai lebih dari 1 juta item buku yang digantung di rak-rak setinggi 5 meter lebih.

22. Bibliotheque Nationale de France, Paris

National Diet Library yang dibangun kepada tahun 1948 ini artinya perpustakaan terbesar serta satu-satunya perpustakaan nasional yang dimiliki oleh negara Sakura ini. Koleksi yang banyak ditemukan di perpustakaan ini artinya literatur-literatur yang berkaitan bareng Perang Dunia serta aneka macam literatur kuno Jepang, orisinal dari perpustakaan Kerajaannya.

Perpustakaan kepunyaan Inggris yang mempunyai kurang lebih 170 juta item buku ini merupakan perpustakaan terbesar di dunia. Koleksinya terdiri dari beragam format serta bahasa. Beragam koleksi langka misalnya manuskrip kuno serta benda-benda langka bersejarah mampu engkau temukan di sini. Namun dokumen Magna Carta serta manuskrip musik Mozart, John Lennon serta Paul McCartney artinya koleksi paling terkenal dari perpustakaan ini.

23. Perpustakaan Freedom Institute, Jakarta

15. Yale University Library, Amerika

Perpustakaan nasional Cina yang terletak di Beijing ini artinya galat satu perpustakaan terbesar yang ada di Asia. Tidak hanya berisikan koleksi literatur Cina yang beragam dari teks sampai tulisan kuno, perpustakaan ini pula mempunyai koleksi terbesar buku-buku berbahasa asing, bahkan terdapat buku-buku bareng lebih dari 115 bahasa di dalam perpustakaan ini.

Perpustakaan ini dibangun di atas huma seluas 33 ribu meter persegi serta mempunyai koleksi sebanyak 3 sampai 5 juta item. Tidak hanya itu, ternyata perpustakaan ini pula dilengkapi bareng fasilitas-fasilitas pendukung misalnya toko buku, kafetaria, studio musik, pusat kebugaran, bioskop, studio penyiaran radio serta televisi.

Buat engkau-engkau penggila komik manga dari negeri Sakura, perpustakaan ini tentu menjadi perpustakaan yang wajib banget engkau kunjungi.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel