Melihat Anak Para Calon Gubernur DKI di Suasana Kampanye

Melihat Anak Para Calon Gubernur DKI di Suasana Kampanye

Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Putra dan putri dari calon Gubernur Jakarta pula timbul pada suasana kampanye kali ini. Mereka dibawa ayahnya ke luar tempat tinggal atau sekadar disorot kamera buat beraktivitas seperti biasa.

Meski permasalahan di Pilgub DKI terkadang begitu seru, ternyata suasana politik ini tetap ramah anak, paling nir untuk anak para calon.

Calon gubernur nomor urut 1, Agus Yudhoyono, bahkan masih sempat mengantarkan anaknya jalan-jalan. Di akun media umum @agusyudhoyono, terlihat Agus menggendong tas berwarna merah jambu milik putrinya yang bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono (Aira). Mereka berdua berjalan-jalan sembari mengenakan kaus kampanye bertuliskan 'AHY'.
Potret kebersamaan Agus Yudhoyono & putrinya, Aira (Instagram/agusyudhoyono)
Tetapi Aira ternyata wajib kehilangan tidak sedikit saat sejak Agus maju pada Pilgub DKI 2017. Aira pernah melontarkan protes ke Agus. Oh ya protes setiap ketika. 'Nih Papi kenapa kok kini jarang sekali main sama Aira', ujar Agus tersenyum menjawab pertanyaan wartawan.

Agus bercerita tentang anaknya seusai program kampanye tatap muka bersama Asosiasi Tenun & Songket Nusantara pada Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (15/12/2016). Meski begitu, Agus tetap sanggup menyempatkan waktu, contohnya mendatangi sekolah putrinya yang berusia tujuh tahun itu.
Potret kebersamaan Agus Yudhoyono & putrinya, Aira (Instagram/agusyudhoyono)
Calon gubernur nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), punya anak yang sudah remaja, yakni Nicholas Sean Tjahaja Purnama. Mahasiswa Universitas Indonesia berusia 18 tahun itu pernah diajak Ahok ke Ruang Terbuka Hijau-Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RTH-RPTRA) Kalijodo dalam Sabtu (17/12/2016). Bahkan Sean, begitu dia dipanggil, sempat mengungkapkan bahwa perkara penodaan agama yg mendakwa ayahnya itu tidak terlalu mempengaruhinya secara eksklusif, meski terdapat kekhawatiran yg sempat hinggap.

Khawatir sih awal-awalnya. Cuma papa kan mampu mengatasinya, santai-kalem saja di rumah, nggak terlalu kebawa itu pada rumah. Masih biasa-biasa saja. (Saya) permanen sayang papa, apa yg beliau lakuin, istilah Nicholas pada Kalijodo ketika itu.
Ahok ketika mengajak anak-anaknya ke RTH-RPTRA Kalijodo. (Jabbar Ramdhani/detikcom)
Dia tak sendirian. Adiknya, Daud Albeener, pun ikut bermain pada daerah yang dulu populer akan prostitusinya itu. Ahok memang sengaja mengajak mereka ke lokasi tadi. Meski berada dalam rentang suasana kampanye, Ahok menyatakan ini bukanlah aktivitas kampanye, dan Ahok tak mengenakan kemeja kotak-kotak khas kampanyenya.

Saya datang ke sini tidak untuk kampanye. Saya nir pakai seragam (kotak-kotak) kan?Saya ke sini buat ajak anak main, kata Ahok pada Kalijodo saat itu.
Ahok saat mengajak anak-anaknya ke RTH-RPTRA Kalijodo. (Jabbar Ramdhani/detikcom)
Calon gubernur nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan, bahkan tidak ragu-ragu mengajak putra-putrinya dalam program-acara yg berkaitan dengan Pilgub DKI. Termasuk acara pengundian angka urut pasangan calon peserta Pilgub DKI pada Jakarta International Expo Kemayoran, 25 Oktober 2016.

Saat itu putra bungsunya yg bernama Ismail Hakim Baswedan jua meminta berfoto beserta Agus dan Ahok. Anies pun mengizinkan permintaan putranya yg duduk pada kelas II Sekolah Dasar itu & mengunggah foto keramahan Anies-Ismail-Ahok di akun media umum @aniesbaswedan.
Foto: Screenshot Twitter Anies Baswedan
Pada 1 Januari 2017, Anies mengajak putranya yang bernama Kaisar Hakam untuk menyusuri jalanan Ibu Kota menggunakan sepeda motor skuter. Anies mengendarai Vespa Spirit keluaran 1968 dan Kaisar membonceng. Vespa bernomor polisi AB 6182 FA itu telah digunakan Anies semenjak masa kuliah pada UGM dulu.

Anies jua mengajak dua anaknya berkampanye. Pada Selasa (tiga/1/2017) lalu, Anies mengajak putri sulungnya bernama Mutiara Annisa (19) dan putranya bernama Mikail Azizi (17) berkampanye di tempat Jakarta Timur. Mereka diajak berkampanye karena sedang libur dan secara usia sudah mempunyai hak pilih.
Anies mengajak anak-anaknya saat berkampanye. (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Mikail Azizi menyampaikan bahagia mengikuti kampanye ayahnya. Dia mampu melihat kondisi masyarakat Jakarta secara dekat, bukan hanya melihat dari layar televisi. Dengan begitu, dia bisa lebih mengerti keadaan yg sebenarnya.

Sekarang sanggup lihat secara dekat, kata Mikail kala itu.

HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel