-->

Mengapa Kegiatan Mudik Lebaran Sangat Dipentingkan Oleh Masyarakat Indonesia ?

Mengapa Kegiatan Mudik Lebaran Sangat Dipentingkan Oleh Masyarakat Indonesia - Assalamualaikum sahabat online semuanya, membahas mengenai makna dari mudik, mengapa harus mudik, mengapa budaya mudik terjadi dan mengapa kegiatan mudik lebaran sangat dipentingkan oleh masyarakat indonesia. Di kesempatan posting hari ini tentang info mudik lebarang 2016 ini saya akan memberikannya untuk anda semua pengunjung setia blog saya ini. Seperti kita ketahui bersama, hari Raya Idul Fitri atau lebaran merupakan hari yang sangat di tungu-tunggu oleh semua umat Muslim di seluruh dunia. Khususnya di Indonesia tradisi mudik atau pulang kampung merupakan sesuatu yang seperti wajib dilakukan untuk melakukan perjalanan panjang mudik ke kampung halaman. Pada artikel sebelumnya juga sudah bahas tentang Berita Arus Mudik Pantura Terbaru Hari Ini.

Tradisi Mudik ini hanya ada di Indonesia saja loh... Yup, memang betul. Tradisi mudik lebaran ini cuma kita aja loh yang punya. Negara lain seperti Malaysia dan negara tetangga lainnya tidak ada yang namanya Mudik. Kita sebagai warga negara Indonesia harus berbangga hati karena tradisi mudik ini cuma kita saja yang punya. Dan setiap tahunnya para pemudik yang melakukan perjalan mudik ini semakin bertambah.

Mengapa Kegiatan Mudik Lebaran Sangat Dipentingkan Oleh Masyarakat Indonesia ?


Ada rasa keharuan, nikmat dan bangga setelah kita lama bekerja dan bermukim di tempat kita yang baru setelah sekian lama dan tentunya kita lama tidak pulang ke kampung halaman kita. Nah untuk mengobati kerinduan itulah di lebaran Idul Fitri ini merupakan moment yang sangat tepat untuk mengobati kerinduan kampung halaman dengan melakuka perjalanan mudik.

Jalur Pantura Indramayu sudah menjadi langganan untuk dilintasi para pemudik dengna tujuan dari Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sudah sejak lama para pemudik melakukan perjalanan mudiknya melintasi jalan pantura Indramayu. Mudik merupakan suatu kegiatan para perantau yang mencari nafkah atau bekerja di kota lain dan kemudian kembali lagi ke kampung halamannya. Budaya mudik ini merupakan fenomena nilai sosial yang sangat positif sekali untuk masyarakat Indonesia. Tradisi mudik ini sebetulnya pada awalnya adalah merupakan sebuah tradisi primordial masyarakat petani. Dan sekarang sudah berubah dan bergeser eranya, mayarakat petani sudah berelih menjadi buruh dan karyawan di pabrik-pabrik di kota kota besar di Seluruh Indonesia. Nah kegiatan primordial petani jadi berubah menjadi kegiatan primordial kaum buruh dan pekerja di kota besar.

Ketika menjalang lebaran tiba, tentunya kita sangat gembira menyambutnya. Perputaran uang di hari lebaran ini sangat luar biasa besar dikarenakan padda fenomena lebaran ini kita juga punya tradisi berbagi uang untuk anak-anak di sekitar kita. Selain melaksanakan kewajiban membayar zakat fitrah yang merupakan wajib dilakukan bagi umat muslim yang setelah sebulan penuh melaksanakan puasa. Juga kita punya tradisi berbagi sedekah dan uang untuk anak-anak di hari lebaran. Sungguh sangat senang rasanya jika kita bisa memberikan dan berbagi rejeki dari harta yang kita punya untuk mereka. Apalagi anak-anak kalau sudah di kasih uang pastinya mereka akan senang dan bahagia.

Foto Terkait Mengapa Kegiatan Mudik Lebaran Sangat Dipentingkan Oleh Masyarakat Indonesia ?

Mengapa Kegiatan Mudik Lebaran Sangat Dipentingkan Oleh Masyarakat Indonesia ?
Makna Mudik Apa Ya?

Video Kegiatan Info Mudik Jalur Pantura Indramayu



Sahabatku semuanya, kemana tujuan mudik kalian? Kalau saya pribadi sih gak mudik kemana-mana, secara saya ini kan memang anak udik. Artinya saya memang tinggal di kampung dan tempat kerja saya gak jauh-jauh dari kamar pribadi saya. So, saya ga pulang kampung atau mudik seperti yang dilakukan teman-teman. Saya saat ini full time bekerja di online atau kerja di internet. Sahabatku yang baik hatinya, itu saja dulu informasi mengenai tulisan saya hari ini dengan judul Mengapa Kegiatan Mudik Lebaran Sangat Dipentingkan Oleh Masyarakat Indonesia. Semoga informasi fenomena dan makna mudik ini bisa kita maknai sebagai sesuatu yang positif dan tentunya ini juga merupakan penyambung tali silaturahim antara kita dan sanak keluarga kita yang ada di kampung halaman. Terimakasih.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter