Cara Membuat Kue Blengep Indramayu

Cara Membuat Kue Blengep Indramayu - Indramayu terletak di jalur pantura Jawa Barat yang banyak disinggahi pemudik ketika menjelang lebaran tiba. Tak hanya kue tradisional dan jajanan pasarnya yang khas, olahan ikan pindangnya juga kerap membuat para pecinta menu tradisional merindu. Kali ini Indramayu Update akan bernostalgia dengan warisan kuliner khas Indramayu yang akan menambah kaya khazanah masakan nusantara Indonesia yaitu Kue Blengep Indramayu.

Indramayu dikenal juga sebagai tempat lahirnya penggiat Tari Topeng yaitu Mimi Rasinah. Meski Sang Maestro telah meninggal dunia, kesenian topeng tidak luntur begitu saja. Di sanggar Mimi Rasinah yang bertempat di Desa Pekandangan Indramayu ini seminggu sekali ramai didatangi anak-anak yang ingin mempelajari tari topeng. Bukan tanpa alasan jika beberapa waktu lalu tim dari Selera Asal menyambangi kediaman Mini Rasinah ini. Ya Salah satu Cucu Mimi Rasinah yaitu Aerly Rasinah yang hingga kini masih melestarikan warisan budaya leluhur. Sebagai keturunan yang ke 11, Aerly sudah memperkenalkan budaya kesenian Indramayu ini hingga keluar negeri. Nah pada kesempatan ini juga Indramayu Update akan memberikan informasi tentang Jajanan asli Indramayu yang dibuat oleh Anak Mimi Rasinah yaitu Kue Blengep yang berbahan dasar dari Singkong dan kue Koci yang terbuat dari tepung ketan.

Kue Blengep Kue Khas Asli Indramayu


Kue Blengep Indramayu

Kue Blengep Indramayu


Kue Blengep, nama yang unik ya,,, kue ini hanya memerlukan 3 bahan saja yaitu singkong, kelapa dan gula merah. Wah sederhana sekali ya cara membuat kue blengep ini. Tetapi apakah semudah yang dibayangkan ? Simak saja tayangannya dari tim selera asal yang kami sematkan dari media sosial youtube sebagai berikut:

Video Cara Membuat Kue Blengep Indramayu




Singkong yang sudah di kupas kulitnya dan dicuci bersih ini dikukus hingga matang sekitar 15 menitan. Nah sambil menunggu singkongnya empuk kita juga bisa membuat isian dari kue blengep ini. Untuk membuat isian kue blengep ini kita membutuhkan parutan kelapa yang disangrai untuk kemudian kita tumbuk dengan gula merah. Untuk perbandingan antara kelapa dengan gula, yaitu setengah buah kelapa dengan gula merah nya 1 ons. Nah setelah selesai ditumbuk sangarai parutan kelapa dan gula merahnya ini menandakan proses ini sudah jadi.

Oke selanjutnya kita akan membuat isian bagian luarnya yaitu masih dengan olahan buah kelapa. Tapi kali ini agak beda yaitu kita menggunakan kelapa yang kita iris-iris kecil agak memanjang untuk taburan blengepnya. Setelah kita iris kecil, kemudian kita goreng dengan minyak mendidih hingga matang kecoklatan. Selain itu juga bisa kita tambahkan gorengan bawang untuk menambah cita rasa gurih pada kue blengep.

Oya, kita kembali lagi ke singkong yang direbus tadi kayaknya udah matang dan empuk tuh. Nah setelah singkong ini empuk, kemudian langkah selanjutnya singkong ini kita tumbuk hingga lembut dan kalis. Nah kalau sudah begini kita ambil beberapa bagian secukupnya untuk kemudian kita pipihkan dengan menggunakan plastik agar tidak lengket dan kita isikan dengan isian yang kita tadi buat yaitu gula merah. Nah kita bentuk deh sedemikian rupa kue blengepnya dan kalau sudah jadi kita taburkan kelapa goreng yang sudah kita potong-potong kecil tadi dan di goreng dengan minyak.

Kue Blengep ini bisa juga kita kreasikan dengan isian dodol mangga. kan banyak tuh hasil olahan mangga di kota Indramayu ini, jadi kita bisa kreasikan isiannya dengan dodol mangga. jadi ada nilai lebih deh kue blengep ini.

Oke teman-teman semuanya, itu tadi informasi tentang Cara Membuat Kue Blengep Indramayu yang saya bisa informasikan untuk sedulur rekan-rekan online semuanya. Jangan lupa kritik dan sarannya untuk update postingan selanjutnya ya. Insya Allah request anda akan segera saya sajikan di blog pribadi ini. Salam Indramayu update.

0 comments