Sunday, September 13, 2015

Prasasti Raden Arya Wiralodra Indramayu

Assalamualaikum sedulur kabeh masyarakat netizen khususe wong Indramayu, pripun kabare ? Dalu puniki kula bade posting tentang prasasti peninggalan Raden Arya Wiralodra. Masyarakat Indramayu sudah pasti mengenal akan sosok Raden Arya Wiralodra Sang Pendiri Kota Indramayu tercinta ini. Beliau adalah seorang pemimpin yang kharismatik, bijaksana dan tegas dalam memimpin daerah Indramayu ini.

Raden Arya Wiralodra mempunyai prasasti yang sampai kini masih menjadi kata kata indah akan datangnya kemakmuran di Indramayu ini. Berikut ini saya kutip dari situs resmi pemerintah Kabupaten Indramayu

Prasasti Raden Aria Wiralodra 

Prasasti Kuno Aria Wiralodra Bahasa Sanskerta

Nanging Benjing Allah nyukani Kerahmatan kang linuwih Darma ayu mulih harja Tan ana sawiji - wiji Pertelane Yen wonten taksaka nyabrang kali Cimanuk Sumur kajayaan deres mili Dlupak murub tanpa patra Sadaya pan mukti malih Somahan lawan prajurit Rowang lawan priagung Samya tentram atine Sadaya harja tumuli Ing sekehing Negara pada raharja

AKAN TETAPI KELAK NANTI ALLAH MELIMPAHKAN
RAHMATNYA YANG MELIMPAH
DARMA AYU KEMBALI MAKMUR
TAK ADA SUATU HAMBATAN
TANDANYA JIKA ADA ULAR MENYEBRANG KALI CIMANUK
SUMUR KEJAYAAN MENGALIR DERAS
LAMPU MENYALA TANPA MINYAK
SEMUA KEMBALI HIDUP MAKMUR
MANUNGGAL DENGAN PRAJURIT
MEMBANTU PENGUASA
HIDUP AMAN DAN TENTRAM
SEMUA KEMBALI MAKMUR
SELURUH NEGARA HIDUP MAKMUR (ARIA WIRALODRA)
Prasasti Aria Wiralodra ditulis dalam bahasa Sansekerta ditemukan sekitar tahun saka di Indramayu dan saat ini berada di Pendopo. dalam Prasasti itu terkandung makna yang dijadikan spirit perjuangan masyarakat Indramayu dalam mewujudkan cita-cita pembangunan, hidup, aman, tentram, adil dan makmur.

Senjata Khas Indramayu : Pusaka Cakra Udaksana

Senjata Khas Indramayu Cakra Udaksana

Dari foto diatas terlihat Ibu Hj. Anna Sopana sedang menerima Pusakan Cakra Udaksana yang merupakan senjata sakti andalan Raden Bagus Aria Wiralodra (nama lengkap Raden Wiralodra Pendiri Kota Indramayu). Pusaka Cakra Udaksana tersebut punya nama lain yaitu Cakra Baswara. Senjata ini pernah digunakan oleh Raden Wiralodra dalam berperang dengan Raja Jin Pulomas yaitu Raden Werdinata.

Kesaktian antara Raden Wiralodra dan Raden Werdinata ini cukup berimbang sehingga konon sejarah mencatat pertarungan ini berlangsung cukup lama hingga 11 bulan lamanya. Ketika pertarungan tersebut tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang, atas saran dari Kalacungkring menyarankan agar Raden Werdinata agar menghentikan pertarungan ini dan sebaiknya menjalin persaudaraan saja dengan Raden Arya Wiralodra.

Kenapa kalacungkring menyarankan hal ini ? Menurutnya jika diteruskan takut menyinggung leluhur Arya Wiralodra yaitu orang-orang kuno majapahit dan juga leluhur dari Ki Geden Bagelen. Konon kalau sudah murka bisa saja dengan sekejap mata memusnahkan semua kerajaan jin yang berada di sepanjang lembah kali cimanuk ini. Pusaka Cakra Udaksana ini juga pernah mengalahakan Raja Jin Penguasa Hulu Sungai Cimanuk yaitu Maharaja Budipaksa dan mengurungnya didasar muara kali cimanuk yang terkenal angker.

Foto - Foto Pusaka Raden Arya Wiralodra



Video Prasasti Arya Wiralodra



Nah itu tadi informasi yang bisa saya sampaikan kali ini mengenai Prasasti Raden Arya Wiralodra Indramayu yang saya kutip dari beberapa sumber seperti bloggermangga.com, http://www.indramayukab.go.id, dan juga comot-taroh.blogspot.co.id . Tulisan ini hanyalah sebagai bahan edukasi saja bahwa sejarah dari Kota Indramayu ini meamang cukup panjang dan kita sebagai anak cucu putra dermayu wajib mengetahui hal ini.

Disqus Codes
  • To write a bold letter please use or
  • To write a italic letter please use or
  • To write a underline letter please use
  • To write a strikethrought letter please use
  • To write HTML code, please use or
    or

    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan Artikel Gratis