-->

Tips Mudik Dengan Berkendara Sepeda Motor Yang Aman

Tips Mudik Dengan Berkendara Sepeda Motor Yang Aman - Untuk teman-teman blogger yang mempunyai rencana untuk mudik pulang ke kampung halamam dengan menggunakan sepeda motor sebaiknya berhati-hati. Perhatikan beberapa keperluan yang sobat perlukan untuk kebutuhan selama diperjalanan nanti mudik. Contohnya kita bisa siapkan kondisi tubuh kita semaksimal mungkin dalam keadaan bugar dan sehat supaya perjalanan nanti tubuh tidak loyo. Kali ini akan saya informasikan tips mudik dengan sepeda motor. Sebelumnya saya update mengenai Harga Sepeda Fiksi Soloist 01 Baru

Tips Mudik Motor

  1. Pertama kali yang harus kita cek adalah rem sepeda motor. Jangan sampai ada rem yang blong dan tidak berfungsi dengan baik.
  2. Lampu motor, periksa apakah lampu motor menyala dengan baik. Baik itu lampu sorot depan pendek dan panjang, lampu sen kanan kiri dan lampu belakang saat rem. Pastikan semuanya menyala dan bekerja dengan baik.
  3. Cek kondisi rantai, ini juga penting kita lakukan pemeriksaan. Kalau sekiranya rantai sepeda motor sudah terlihat longgar dan tua segera ganti dengan yang baru. Pakailah suku cadang yang asli sesuai dengan merek sepeda motor anda.
  4. Pasang spion kiri dan kanan. Terkadang masyarakat kita menyepelekan kegunaan spion ini, pentingnya spion ini untuk memantau sekilas kondisi lalu lintas dibelakang kita. Apalagi kalau kita hendak menyalip atau menyeberang. Kalau kita lihat keadaan belakang kita aman kan bisa dipastikan kita menyeberang atau menyalip juga akan selamat.
  5. Kelengkapan Surat Kendaraan dan SIM. Ini mutlak harus ada disetiap anda melakukan perjalanan kemanapun. Membawa kelengkapan surat kendaraan seperti SIM, STNK dan BPKB perlu kita bawa agar ketika ada pemeriksaa razia kendaraan anda bisa menunjukkan keabsahan kepemilikan sepeda motor anda sendiri.
  6. Pakai Helm Berstandar SNI. Kepala kita ini tidak ada duanya, tidak ada pabrik yang bisa memproduksi kepala seperti kepala yang kita miliki saat ini. Kecelakaan bisa saja terjadi setiap saat kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu lindungi kepala kita yang penuh dengan ide brilyan ini agar selamat dari benturan ketika kita terjatuh saat berkendara.
  7. Jangan Terlalu Banyak Bawa Barang. Tidak jarang ketika mudik, kita ingin berbagai kegembiraan kita dengan membawakan oleh-oleh untuk sanak keluarga dan kerabat dikampung. Karena saking banyaknya membawa oleh-oleh, belum lagi membawa kebutuhan kita selama dikampung akhirnya muatan dibelakang sepeda motor semakin bertumpuk. Saya sering melihat sepeda motor pada bagian belakangnya dimodif dengan tambahan kayu yang diikatkan pada badan motor untuk keperluan menampung banyak barang bawaan. Sebenernya ini berbahaya, kalau tidak seimbang dan berat pada bagian belakang bisa-bisa motor bagian depan akan terangkat. Apalagi kondisi jalan pantura yang ramai dan macet bisa berbahaya bagi keselamatan anda.
  8. Kecepatan 40 KM - 70 KM saja. Jangan melaju kendaraan motor anda dengan kecepatan diatas tersebut ketika mudik tiba. Pasalnya, banyak kejadian yang dialami terutama di jalur pantura banyak terjadi kecelakaan akibat kecepatan yang tinggi sehingga pengemudi tidak bisa mengontrol laju kendaraannya dan akhirnya menabrak kendaraan lain yang berada didepannya.
  9. Periksa Oli Motor jangan sampai kering. Ganti dengan oli yang baru ketika akan melakukan perjalanan mudik
  10. Isi Bensin Full. Agar perjalanan anda lancar dan tidak mogok dijalan, tentunya bahan bakar kendaraan anda jangan sampai kehabisan ditengah perjalanan. Kalau bensin di motor kita penuhkan enak,n perjalanan jadi lancar tanpa terganggu oleh bahan bakar yang kehabisan.

Tips Mudik Lebaran Aman

Nah itu saja tips mudik yang bisa saya sampaikan kali ini semoga ada manfaatnya buat kita semua. Bagi temen-temen yang mau mudik lebaran pulang kampung, jangan lupa sebelum berangkat baca doa dulu untuk mendapatkan keselamatan selama kita melakukan perjalanan mudik ini. Terimakasih.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter