Kebiasaan Sepele Yang Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan

Kebiasaan Sepele Yang Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan - Anda mungkin sudah sering kali melakukan sebuah hal-hal yang sepele ini. Tapi mungkin juga anda tidak tahu tentang hal-hal sepele tersebut barangkali berbahaya buat kesehatan tubuh. Lalu hal seperti apakah yang bisa membahayakan kita, langsung saja inilah kebiasaan hal sepele yang bisa membahayakan.

1. Mengucek Mata

Mulailah untuk menghindari kebiasaan yang satu ini. Menurut dokter, gosokan yang sangat lembut sekalipun terhadap mata masih bisa meningkatkan sebuah tekanan yang dapat memicu terjadinya glaucoma maupun penyakit kebutaan. Sebuah studi pun telah menemukan jika memakai kaca mata renang, tidur telungkup atau juga melakukan olahraga di geames dapat memicu glaucoma serta penyakit mata yang memang berkaitan sama tekanan mata yang lainnya.

 Setiap sentuhan yang sudah mengenai kelopak mata, meurut beliau selaku professor Charles McMonnies yang berasal dari University of New South Wales Shool of Optometry and Vision Sciene, dapat meningkatkan tekanan mata. Sentuhan ringan juga akan menambahkan sedikit pada tekanan namun sentuhan yang kuat dapat memicu peningkatan pada tekanan sebanyak 3 hingga 5 kali dari tekanan normal.

Karena itu, ada baiknya anda lebih berhati-hati lagi dalam menyeka mata berair atau juga make-up di area mata. Proses tersebut melibatkan kontak terhadap kelopak mata. Dalam kasus mengucek mata, yang sudah melibatkan kelopak serta bola mata, tekanan mata bisa dapat meningkat sebanyak 10 kali lipat dari tekanan normal.

2. Membunyikan Leher

Dengan membunyikan leher, maka berarti anda itu sudah turut meregangkan jaringan ikat pada persendian yang berfungsi untuk mendukung dan juga menstabilkan pada persendian leher. Meregangkan persendian bisa menyebabkan hipermobilitas yang mana persendian tersebut telah kehilangan sebuah kelenturan alaminya.

Sebab jaringan ikat pada persendian menjadi kendur, otot-otot kecil yang berfungsi menghubungkan ruas-ruas pada tulang punggung akan menjadi kencang. Otot-otot tersebut harus bekerja dengan lebih keras buat menetralkan hilangnya pada keseimbangan yang di akibatkan kendurnya jaringan pengikat sendi. Hal tersebut akan bisa membuat leher terasa menjadi kaku dan tegang. Saat ketegangan semakin menumpuk dan juga leher semakin tak nyaman, anda kembali lagi ingin memanipulasi leher tersebut dengan cara membunyikan. Akibatnya, proses buruk yang sama pasti akan kembali terulang.

3. Membunyikan Jemari Tangan

Hal tersebut mungkin sudah sering kali anda melakukannya dengan tanpa sadar. Burukkah buat kesehatan? Menurut para studi dan dengan partisipan sebanyak 300 yang dipublikasikan di Journal of Manipulative and Physiological Therapeutics, hal tersebut dapat memicu kerusakan pada persendian. Studi ini memang tak menemukan adanya hubungan antara membunyikan pada persendian dan juga radang sendi, namun kebiasaan ini bisa mengakibatkan kerusakan pada lainnya yang termasuk kerusakan pada jaringan lunak sampai kapsul persendian dan juga melemahnya daya cengkram.

4. Mengorek Telinga Terlalu Sering Dan Dalam

Jika hal seperti ini telah menjadi sebuah kebiasaan bagi anda, maka ada baiknya juga anda mempertimbangkan lagi. Jika telingan kita gatal atau juga sakit, sebaiknya konsultasikan saja kepada dokter ketimbang menyelesaikan masalah tersebut dengan anda sendiri. Menurut beliau Dr Peter Roland yang berasal dari University of Texas, menggunkan cotton bud sangat beresiko melubangi pada gendang telinga, yang menyebabkan pada pendarahan dan juga hilangnya pendengaran yang sangat bersifat sementara.

Upaya untuk mengeluarkan sebuah tumpukan lilin pada telinga anda ada baiknya serahkan saja kepada dokter. Sebab, lilin tersebut berfungsi buat mencegah masuknya kotoran,  sel-sel kulit yang mati dan juga rambut ke dalam telinga.

Demikian informasi Kebiasaan Sepele Yang Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan bagi manusia, semoga anda bisa menyimaknya dengan detil dan semoga juga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel