7 Tanda -Tanda Kekurangan Zat Kalium

7 Tanda -Tanda Kekurangan Zat Kalium - Zat kalium ialah salah satu zat mineral yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh. Sangat banyak makanan yang ada dilingkungan kita ini yang mengandung banyak zat kalium yang sehingga hal itu sangat disayangkan kalau diantara kita ini ada yang mempunyai kekurangan zat mineral tersebut. Berbicara mengenai masalah seperti kekurangan zat kalium. Update sebelumnya Bahaya Kelamaan Di Depan Layar Komputer Bikin Mata Menjadi Kering Dan Iritasi

Terlalu banyak zat kalium didalam tubuh yang dinamakan hiperkalemia, dan terlalu sedikit zat kalium didalam tubuh kita yang disebut hipokalemia. Keseimbangan zat kalium tubuh bisa dipengaruhi oleh imbangnya natrium serta magnesium plasma. Misalnya kebanyakan zat natrium pada seseorang yang sedang diet akan banyak mengkonsumsi garam supaya membantu meningkatkan suatu kebutuhan zat kalium pada tubuh.

Kadar zat kalium didalam darah seseorang yang normal 3,5-5 mEq/liter. Bagi olahragawan sangat membutuhkan banyak kalium karena ia telah banyak mengeluarkan sebuah keringat yang cukup banyak. Pengguna obat pencahar pun sangat butuh asupan zat kalium yang lebih supaya menggantikan zat kalium tersebut yang keluar diakibatkan oleh proses diuretik. Sebaiknya, orang yang sudah mempunyai penyakit seperti diabetes serta gagal ginjal disarankan supaya tak mengkonsumsi zat kalium yang berlebihan. Ini dikarenakan tubuh mereka tak akan dapat lagi memetabolisme tubuh hingga berjalan normal seperti dulu.

Ginjal pun mengeluarkan banyak zat kalium terhadap orang yang gemar mengkonsumsi sebuah jumlah besar kayu manis maupun mengunyah tembakau. Zat kalium dapat hilang melewati air kemih yang dikarenakan beberapa alasan. yang paling sering ialah akibat penggunaan sebuah obat diuretik yang mampu menyebabkan ginjal anda membuang batrium, kalium, air dengan jumlah yang begitu berlebihan.

1. Otot Kram Dan Lemas

Kalium sangat begitu penting buat mengkondisikan pada kesehatan otot. Kekurangan seperti zat kalium dapat menyebabkan anda menjadi terasa lemas, dan tidak bersemangat serta terkadang sering kali terjadi kram di bagian tubuh anda.

2. Lumpuh

Kalau tanda-tanda seperti kekurangan zat kalium pada tubuh anda yang nantinya anda merasakan lemas serta kram otot dengan membiarkannya, maka itu akan dapat menyebabkan fatal bagi tubuh anda yang bisa mengakibatkan kelumpuhan.

3. Dapat Merusak Otot

Kelumpuhan yang di akibatkan oleh kurangnya zat kalium bisa menyebabkan beberapa jaringan otot akan menjadi rusak. Dan bahkan yang terlebih parah lagi bisa mampu menyebabkan semua isi yang ada didalam tubuh seperti otot keluar, dan hal tersebut merupakan kondisi yang dikenal dengan sebutan nama rhabdomyolysis.

4. Perut Kembung

Otot-otot di dalam lambung tak akan bisa berfungsi dengan begitu maksimal kalau asupan zat kaliumnya terlalu sangat rendah dan juga efeknya ialah rasa sakit, kram, kembung dan juga nyeri di bagian area lambung.

5. Gangguan Jantung

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ternyata zat kalium itu sangat berpengaruh untuk kinerja otot dan termasuk juga otot jantung. Dengan rendahnya zat kalium yang telah masuk bisa mampu mengakibatkan sebuah kinerja otot-otot bagian jantung menjadi sangat terganggu.

6. Gangguan Ginjal

Ginjal bisa akan kehilangan dalam kemampuan buat memproses urine. Akibatnya, tubuh anda akan kelebihan jumlah air serta kelebihan debit air di dalam tubuh anda yang menyebabkan rasa pusing, pingsan, mual.

7. Kesemutan

Dengan terganggunya di bagian area peredaran darah yang mana di akibatkan oleh kekurangannya zat kalium pada tubuh sering kali kita bisa merasakan gejala kesemutan serta mati rasa.

Selesai sudah mengenai info kesehatan 7 Tanda-Tanda Kekurangan Kalium tersebut, dan semoga bisa berguna serta bermanfaat untuk anda-anda semuanya yang sudah sudi mampir untuk berkunjung di blog saya, terima kasih dan baca juga tulisan saya lainnya yaitu 10 Alasan Bahaya Mengkonsumsi Makan Mie Instan
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel