Thursday, December 4, 2014

Cara Memperbaiki Pintu Rusak Triplek Terkelupas

Cara Memperbaiki Pintu Rusak Triplek Terkelupas - Musim hujan terkadang menyisakan masalah disana-sini. Sebagai contoh genteng bocor, talang bocor dan terkadang percikan air hujan juga bisa merusak pintu depan rumah kita. Cipratan air hujan dan rumah depan yang belum kita pasang emperan bisa merusak pintu kita. Terlebih jika pintu yang kita punya memang pintu dengan lapisan triplek yang tentunya sangat mudah rapuh rusak terkena air. Nah pada edisi update blog saya kali ini akan berbagi informasi bagaimana cara memperbaiki triplek pintu yang rusak tanpa bantuan tukang professional.

Memperbaiki pintu rusak bisa ita lakukan sendiri hanya dengan berbekal pengetahuan dari blog ini. Nah sebelum kita melangkah lebih jauh sebaiknya anda persiapkan beberapa bahan-bahan untuk memperbaiki pintu rusak ini. Oya, pada tulisan ini juga saya sertakan harga material bangunan yang diperlukan. Harga bahan bangunan ini saya beli di Toko Bangunan Sumber Mulya Putri di Indramayu. Pada edisi sebelumnya saya juga membahas tentang Cara Mudah Memperbaiki Talang Bocor

Bahan :

  • 1 Lembar Triplek dengan tebal 2,7 mm  Harga Rp. 60.000
  • Paku Triplek 3/4 ons  harga Rp. 2.000
  • Kunci dan Handle pintu harga Rp. 35.000
  • Cat Kayu Merk Avian ukuran 200 cc harga Rp. 16.000 (untuk satu sisi triplek)
  • Kuas Eterna Ukuran 2 Inch harga Rp. 7.000

Cara Perbaiki Pintu Rusak

Langkah pertama yang kita lakukan adalah mencopot pintu dari engselnya, anda bisa menggunakan obeng min untuk melepaskan kuncian engsel dengan mengetoknya dari bawah keatas. Kalau sudah terangkat pintunya, kita rebahkan pintu pada sebidang tempat yang lapang dan rata. Buka triplek yang rusak dengan cara mencongkelnya dengan sebilah golok sampai semuanya tercopot dengan baik.

Jangan lupa untuk mencopot sisa paku triplek yang masih menancap dengan menggunakan tang, atau anda bisa memasukkannya lagi paku triplek yang masih menancap dengan palu hinga rata dan tidak ada paku yang muncul.

Nah kalau pakunya sudah rapi dan tidak ada yang nongol, maka sekarang kita siapkan triplek baru yang sudah kita beli. Tumpangkan pintu lama kita pada selembar triplek baru untuk mengukur bidang triplek yang akan kita potong.


Tandai atau bikin garis mengelilingi pintu kita menggunakan pensil atau spidol agar memudahkan kita nantinya untuk memotong triplek.


Setelah itu kita potong triplek yang sudah kita beri garis sebagai penanda. Saran saya jika kita hendak memotong triplek, sebaiknya cari tempat yang agak tinggi sebagai sandaran triplek dan memudahkan pemotongan. Contohnya kita bisa menggunakan halaman depan rumah kita sebagai landasan untuk memotong. Perhatikan baik-baik garis yang sudah kita buat agar tidak melenceng saat memotong triplek.

Potong sisi satunya lagi dengn hati-hati hingga bertemu dititik potongan yang sudah kita lakukan.

Setelah triplek terpotong sempurna maka segera ditempelkan pada pintu dan ukur lagi dengan rapi. Setelah dirasa pas, maka kita pasang paku di setiap pojok pintu dulu. Lakukan pemasangan paku ini melingkar mengelilingi semua bidang pintu. Dan tidak ketinggalan juga kita paku pada bidang tengahnya.

Okey melangkah selanjutnya setelah paku tertancap dengan kuat dan dirasa rapi, langkah selanjutanya adalah kita menyerut bagian triplek pada pintu yang masih kurang rapi. Setiap pemasangan triplek pada pintu pasti akan terjadi adanya penonjolan triplek. Nah kita gunakan alat serut baik yang masih menggunakan manual ataupun alat modern. Rapikan juga sisi-sisi lainnya dengan menggunakan serutan.

Berikutnya adalah pemasangan handel pintu atau kunci pintunya. Lakukan pemasangan kunci step by step dengan teliti dan hati-hati jangan sampai ada bagian kunci yang tidak terpasang. Kita bisa melubangi triplek yang masih rapat pada bagian kunci dengan menggunakan pisau dapur yang lancip, bagusnya sih pakai bor agar hasilnya bagus.
Nah, sekarang saatnya kita pasang lagi pintu yang sudah jadi kita buat ini pada engselnya. Lakukan secara hati-hati pada saat peletakan pintu pada lubang engselnya. Gunakan bantuan orang lain untuk memegang pintunya jika dirasakan kita sulit untuk memasang pintu pada engselnya.

Pintu yang kita buat sudah jadi, dan sekarang saatnya kita mengecat pintu dengan warna yang kita suka. Lakukan pengecatan dari atas kebawah hingga tertutupi semuanya. Kalau dirasa cat yang anda sapukan terlalu kental, anda bisa menambakan minyak pengencer cat atau kalau tidak ada bisa menggunakan bensin sebagai campuran untuk mengencerkan cat kayu.
Pintu Sudah Jadi

Nah selesai sudah kita memperbaiki pintu yang rusak, tunggu cat hingga kering kurang lebih sekitar 3 jam akan kering sentuh. Mudah bukan mengganti pintu rusak tanpa bantuan tukang professional ini ? Sebaiknya sih kalau mau hasil yang lebih baik maka harus dikerjakan oleh ahlinya langsung. Tapi tidak ada salahnya jika memang anda suka bereksperimen dan mau mencoba di bidang pertukangan ini. O ya, foto ini adalah foto yang saya ambil langsung dari rumahnya Bang Murad Maulana yang kebetulan lagi mengganti pintu rumahnya yang rusak. Terimakasih sudah membaca artikel saya mengenai Cara Memperbaiki Pintu Rusak Triplek Terkelupas.

Disqus Codes
  • To write a bold letter please use or
  • To write a italic letter please use or
  • To write a underline letter please use
  • To write a strikethrought letter please use
  • To write HTML code, please use or
    or

    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan Artikel Gratis