Cara Perbaiki Dinding Tembok Yang Kopong dan Rusak

Cara Perbaiki Dinding Tembok Yang Kopong dan Rusak - Plesteran dinding yang tidak bagus bisa mengakibatkan dinding tembok menjadi keropos atau kopong. Kopong disini maksudnya yaitu ketika dinding atau tembok kita ketuk-ketuk mengeluarkan bunyi gaung, hal ini karena struktur tembok yang tidak sempurna. Pada kondisi tembok seperti ini akan membuat tembok mudah runtuh. Baca postingan sebelumnya Cara Membuat Pot Batu Alam Dengan Mudah

Yang menjadi masalah dan kadang menjengkelkan adalah ketika kita hendak menggantung sesuatu seperti figura atau foto dengan menggunakan paku, sudah bisa dipastikan paku tersebut tidak bisa terpasang dengan sempurna. Nah ada cara yang mudah kita lakukan untuk memperbaiki kondisi tembok kopong tanpa mengundang tukang bangunan.


Alat dan Bahan Yang Diperlukan

  • Semen Instan Mortar Utama
  • Jidar
  • Sendok Semen
  • Palu
  • Kuas
  • Tatah/ Pahat
  • Cetok
  • Flat Trowel

1. Membobok Tembok Dinding Yang Rapuh

Dinding yang kopong kita bobok hingga semua bidang yang rapuh terbuka semua. Anda bisa menggunakan alat palu dan tatah atau pahat. lakukan cara ini dengan hati-hati jangan sampai mengenai tembok yang masih benar.

Setelah itu bersihkan bekas bobokan dinding dengan menggunakan kuas supaya debu yang masih menempel pada tembok bisa bersih semua. Sebab jika debu yang masih nempel khawatir nanti plesteran yang diaplikasikan pada tembok tidak menempel dengan kuat.

2. Aplikasi Semen Instan Mortar Utama

Buatkan adonan semen instan dengan cara menambahkan air dan semen instan. Namun sebelum menempelkan aplikasi ini hendaknya tembok disiram dahulu dengan air sampai semua bidang yang akan diplester basah semua. Ini dimaksudkan agar semen menempel dengan kuat. Oleskan adukan semen ke bidang tembok yang rusak.

Pergunakan alat jidar untuk meluruskan permukaan adukan semen pada dinding. Nanti plesteran adukan semen yang berlebih akan ikut secara otomatis terbawa oleh jidar.

Ratakan adukan yang sudah rata dengan flat trowel yang berguna untuk menghaluskan permukaan plesteran. Kalau plesteran sudah halus dan agak mulai kering, anda bisa memberikan acian di permukaan plesteran sebelum tembok siap di cat lagi.


Nah mudah bukan untuk Cara Perbaiki Dinding Tembok Yang Kopong dan Rusak  tanpa bantuan tukang profesional. Terimakasih sudah membaca artikel yang saya bagikan. Baca Juga Cara Mudah Memperbaiki Talang Bocor
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel