Thursday, November 13, 2014

Cara Mudah Memperbaiki Talang Bocor

Cara Mudah Memperbaiki Talang Bocor - Musim hujan kini mulai tiba, hujan yang deras mulai mengguyur rumah kita. Tidak jarang akibat karena proses berjalannya waktu atau karena usia rumah yang sudah mulai berumur, kondisi genteng, atap rumah dan talang kita menjadi bocor atau bahkan keropos. Nah bagaimana cara mengatasi hal ini dengan cara kita sendiri ? Kali ini saya akan memberikan tutorial yang sederhana bagaimana cara perbaiki talang bocor.

Talang rumah bocor sungguh sangat mengganggu sekali pada saat hujan tiba. Ketiak hujan turun, air yang turun dari talang bocor akan bercucuran kemana-mana. Talang yang bocor bisa juga akan mengakibatkan rumah kita jadi lembab, bahkan bisa memicu tumbuhnya jamur juga lumut.



Nah jika anda hendak memperbaiki talang ini namun kondisi keuangan anda terbatas, saya akan berbagi cara mudah untuk memperbaiki talang bocor. Seperti apa cara mudah memperbaikinya dengan bahan dan alat sederhana ?

Bahan  dan Alat Perbaiki Talang Bocor

  • Aspal cair
  • Seng
  • Sikat Besi
  • Obeng
  • Tang
  • Kape

Cara Perbaiki Talang Bocor

1. Bersihkan bagian talang yang bocor.
Pada bagian talang yang bocor, bersihkanlah dahulu dari kotoran-kotoran yg nempel seperti jamur, lumut, juga karat. Pastikan kotoran ini bersih agar ketika nanti kita pasang aspal bisa melekat dengan baik.


Oleskan aspal cair yang sudah kita siapkan tadi pada bagian talang yang bocor. Fungsi aspal ini adalah sebagai lem perekat antara talang dan seng yg akan kita pakai untuk menutup talang bocor.


2. Tutup dengan seng
Potonglah seng dengan ukuran sekitar 2 kali ukuran lobang talang yang bocor. Lalu tempel pada atas aspal yg sudah diolesi tadi, ketika aspal masih basah. Manfaat seng ini untuk menutup lubang yang besar.  Kemudian olesi lagi aspal diatas seng ini hingga semua permukaannya ditutupi aspal.



Ambil seng dengan ukuran lebih besar, ukur dengan bentuk sesuai talang yang ada. Potong seng sebesar ukuran talang, dan panjangnya terserah anda yah minimalnya sepanjang seng pertama yang kita sudah tempel tadi.


Bentuklah seng mirip dengan talang, gunakan obeng atau alat capit untuk membentuk dann juga mempertegas lipatan.


Tempel potongan seng ini ke seng pertama yg sudah dilapisi oleh aspal. Usahakan agar ketika pasang seng ini ketika kondisi as[al belum kering dan masih basah. Jadi seng bisa nempel dengan kuat. Rekatkan seng dengan tang, dan talang anda kini sudah tidak bocor lagi.


Nah sekarang talang bocor anda sudah bisa diperbaiki dan tidak bocor lagi. Terimakasih telah membaca tulisan saya yang sederhana ini dengan judul Cara Memperbaiki Talang Bocor  dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Disqus Codes
  • To write a bold letter please use or
  • To write a italic letter please use or
  • To write a underline letter please use
  • To write a strikethrought letter please use
  • To write HTML code, please use or
    or

    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan Artikel Gratis