Wisata Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat Tahun 2019


Wisata Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat - Halo teman-temanku yang baik hatinya, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan bercerita tentang keindahan Pulau Biawak di Indramayu. Sudah tahukah anda dengan Pulau Biawak ? Yup, saya aja yang penduduk asli Indramayu belum tahu seperti apa Pulau Biawak. Nah, berangkat dari keingin tahuan saya dengan Wisata Pulau Biawak ini saya juga kemudian mencari tahu dimana tepatnya alamat Pulau Biawak Indramayu ini. Setelah saya baca-baca melalui wikipedia tentang Pulau Biawak konon Pulau Biawak ini terletak di Sebelah Utara Semenanjung Indramayu, tepatnya sekitar 40 km Pantura Indramayu.


Pulau Biawak atau Kepulauan Biawak Indramayu ini masuk kedalam wilayah administratif di Desa Pabean Ilir Kecamatan Indramayu dan Kabupaten Indramayu. Pulau Biawak ini memiliki luas sekitar 120 hektar dan selain Pulau Biawak sendiri, karena merupakan wilayah kepulauan tentunya ada beberapa pulau lagi yaitu Pulau Candikian dan Pulau Gosong. Tetapi yang sangat terkenal karena keindahan dan satwa liarnya hanya Pulau Biawak lah yang terkenal. Pada postingan sebelumnya saya juga telah berbagi info tentang Wisata Pantai Grajagan Banyuwangi Jawa Timur

Rute Menuju Pulau Biawak

Bagaimana rute perjalanan atau alamat yang bisa ditempuh untuk mencapai Destinasi Wisata Pulau Biawak Indramayu ini ? Jarak paling mudah dan dekat rute perjalanan ke Pulau Biawak bisa dari Pelabuhan Karangsong Indramayu menggunakan perahu motor. Jarak dari Karangsong ke Pulau Biawak biasanya dapat ditempuh sekitar 3 - 4 jam. Jangan lupa setelah anda sampai di Pulau Biawak untuk segera menyambangi Bapak Sumanto dan Pak La Anang yang biasanya bertugas menjaga Pulau Biawak ini.

Naik Perahu Menuju Pulau Biawak
Naik Perahu Menuju Pulau Biawak

Apa Saja Keindahan Objek Wisata Pulau Biawak ?

Yes, pertanyaan yang cukup bagus. Buat apa kita berwisata kalau kita tidak dapat menikmati keindahan alam atau apapun yang menjadi objek wisata tujuan kita. Produk unggulan Wisata Pulau Biawak ini yaitu anda bisa menikmati indahnya panorama bahari laut atau lebih tepatnya anda bisa menyelam dan snorkling untuk melihat keindahan taman bawah laut  serta beberapa ikan hias lucu dan keindahan terumbu karang yang masih perawan dan belum terjamah manusia.
wisata pulau biawak indramayu
wisata pulau biawak indramayu

Selain itu, keindahan yang paling utama adalah melihat satwa liar peninggalan jaman purba yang masih hidup yaitu Biawak. Biawak ini menjadi ciri khas dan maskot Pulau Biawak, yang sebenarnya sih nama asli Pulau Biawak adalah Pulau Rakit. Namun oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu nama Pulau ini diubah menjadi Pulau Biawak.

Biawak dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Varanus salvator. Biawak  yang terdapat di Indramayu ini sangat unik. Apa keunikannya ? karena Biawak ini mampu untuk hidup di llingkungan air asin, Biawak dari Pulau Biawak ini mempunyai panjang antara 20 cm sampai 1.5 meter. Mereka hidup dan mencari makan disekitar tepi pantai. Pulau Biawak ini memiliki mercusuar dengan tinggi sekitar 65 meter yang dibangun pada masa kolonial Belanda dan didirikan oleh ZM Willem sekitar tahun 1872.

Makam Syekh Syarif Hasan di Pulau Biawak

Selain keindahan satwa dan alamnya, bagi anda yang rajin menyambangi makam-makam para Wali atau syekh dalam wisata religi. Anda juga bisa menjumpai makam seorang Syekh Ulama dari Cirebon yaitu Makam Syekh Syarif Hasan. Beliau merupakan ulama penyebar Agama Islam yang konon dulunya sering bertapa di Pulau ini. Selain Makam Syekh Syarif Hasan ada juga beberapa makam Belanda yang tidak dikenali sampai saat ini asal usul siapa makam tersebut.
Biawak di Pulau Biawak Indramayu
Mengabadikan Biawak Indramayu dari Jarak Dekat

Semoga saja kedepannya Pemerintah Kabupaten Indramayu bisa serius untuk menjadikan Pulau Biawak sebagai destinasi wisata andalan Kota Mangga Indramayu. Tolong ya pihak-pihak terkait seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Indramayu lebih memperhatikan lagi dengan potensi yang dimiliki Pulau Biawak ini. Lebih gencar lagi untuk mempromosikan Wisata Pulau Biawak baik melalui media cetak atau Elektronik agar semakin banyak teman-teman kita yang tahu dengan keberadaan Pulau Biawak yang indah nan Eksotis ini.  Masa' Pulau Biawak ini lebih tenar di luar daerah Indramayu sedangkan didalam penduduk lokal Indramayu sendiri jarang ada yang tahu dan hanya sekedar mendengar namanya saja. Terimakasih sahabat sudah membaca tulisan saya dengan judul Wisata Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat 

INFO WISATA PULAU BIAWAK


Untuk temen-temen yang mau berwisata ke Pulau Biawak, Yuk Gabung bersama kami di Komunitas Facebook Pesona Pulau Biawak DISINI

Kami juga akan memfasilitasi Anda untuk Berwisata ke Pulau Biawak dengan harga yang terjangkau dan kompetitif.

Jadwal Trip Pesona Pulau Biawak 


Open Trip Paket Wisata Pulau Biawak Tahun 2019





Segera daftarkan diri anda.
Open TRIP Wisata Pulau Biawak Tahun 2019
  Biaya @450Ribu/Orang

Rincian Biaya
Include :
• Kapal PP Karangsong-Biawak
• Homestay
• Makan 3x
• Life jacket
• Coffe break
• Barbeque
• Peralatan snorkeling
• Guide/Tour leader
• Chef Cooking
Info lebih lanjut CP. 
085295753287

10 Responses to "Wisata Pulau Biawak Indramayu Jawa Barat Tahun 2019"

  1. boleh minta no contact sewa kapalny ga guys... need your help kirim ke email ya yaminbl@gmail.com terimkaish

    ReplyDelete
  2. mantap gan info nya merefrensi untuk berwisata kesana
    salam kenal terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.facebook.com/pesonapulaubiawak/?fref=photo

      Delete
  3. Bos jaluk nomer telpon agen travel pulau biawak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggih kang Nawawi Wawi.. sampeyan sms/wa meng kula krihin mawon.. 087828810342

      Delete
    2. Kang Nawawi.. tuh ada Kang Erwin. Saya merekomendasikan kalau Kang Nawawi mau Trip Ke Pulau Biawak, bisa pakai jasa Kang Erwin

      Delete
  4. open trip pulau biawak tgl 30 April - 1 Mei 2016, CP. 083823379321
    info lebih lengkap kunjungi FP kami.
    https://www.facebook.com/pesonapulaubiawak/?fref=photo

    ReplyDelete

Berkomentar sesuai dengan tema atau judul postingan akan saya tampilkan. Sebaiknya jangan menyisipkan live link ya, naked url aja.. Tengkyu bro atas perhatiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel